Ritual Ngalap Berkah Yogyakarta

0 20

Ritual Ngalap Berkah Yogyakarta

Prosesi Grebeg sebagai hajad dalem Kraton Yogyakarta dalam memperingati Maulud Nabi Muhammad dari tahun ke tahun tetap mengundang antusias masyarakat. Perebutan gunungan adalah waktu yang ditunggu sebagai bentuk ngalap berkah, alias berharap berkah.

Salah satu hal yang menarik dari tradisi malam satu Suro adalah ritual ngalap berkah. Pada Ngalap Berkah, masyarakat yang hadir akan berusaha memperebutkan gunungan berupa makanan yang berasal dari hasil bumi yang telah diberkahi dan didoakan ini.

Pemandangan masyarakat yang saling berebut untuk mendapatkan berbagai macam makanan yang menghiasi gunungan menjadi salah satu daya tarik dari ritual yang memiliki nama lain Tabarruk. Saling tarik-menarik menjadi hal yang unik untuk dilihat ketika masyarakat melakukan kegiatan ini. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, bila mendapatkan makanan dari gunungan akan mendatangkan keberuntungan serta keberkahan dalam kehidupan.

Source http://beritahati.com/berita/38627/Yogyakarta-Grebeg-Maulud-sebuah-ritual-persembahan-syukur-dan-ngalap-berkah https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/mengharapkan-keberuntungan-dari-ritual-ngalap-berkah

Leave A Reply

Your email address will not be published.