Ritual Memandikan Keris dan Tombak di Kudus

0 178

Ritual dan tradisi yang berkaitan dengan sejarah masih dipertahankan di beberapa wilayah. Termasuk di Kudus, Jawa Tengah yang masih melakukan ritual jamasan untuk pusaka peninggalan Sunan Kudus. Ritual tersebut dilakukan setiap hari Senin atau Kamis pada pekan pertama setelah hari Tasrikh, atau tanggal 11 sampai dengan 13 Dzulhijjah.

Seperti dilaporkan Antara.com, proses pemandian pusaka berupa keris yang dijuluki Kiai Cinthaka berikut dua tombak keramat dilakukan di kompleks Masjid Menara dan Makam Sunan di Kudus, Jawa Tengah.

Prosesi Ritual

Keris Kiai Cinthaka berbentuk atau tipe bilah kerisnya merupakan “Dapur Panimbal” yang memiliki makna kebijaksanaan dan kekuasaan. Penjamasan diawali dengan ziarah ke Makam Sunan Kudus, kemudian petugas mengambil dan menurunkan keris Kiai Cinthaka yang berada di dalam peti yang diletakkan di bagian atas pendapa tajuk.

Selanjutnya, keris disiram “banyu landa” (bahasa Jawa) atau air rendaman merang ketan hitam hingga tiga kali.

Kemudian, dibersihkan menggunakan air jeruk nipis dan kemudian dikeringkan dengan cara dijemur di atas sekam ketan hitam oleh ahli penjamasan, yakni Haji Fakihudin.

Hal serupa juga dilakukan untuk dua mata tombak dibersihkan dengan menggunakan merang ketan hitam, air jeruk nipis, kemudian dikeringkan dengan sekam ketan hitam. Air jeruk nipis dipercaya dapat mencegah karat pada benda pusaka yang berumur ratusan tahun itu.

Menurut Ketua Yayasan Masjid Menara dan Makam Sunan Kudus Muhammad Nadjib Hassan, ritual penjamasan keris Sunan Kudus merupakan ritual yang berumur ratusan tahun dan biasa dilakukan pendahulunya.

“Demi menjaga pusaka dari keausan, kualitas penjamasan dikurangi, terutama dalam hal perendaman di air jeruk hanya sebentar,” ujarnya.

Ritual penjamasan diawali dengan ritual keagamaan dan doa bersama yang dipimpin ulama yang bernama Kiai Ulil Albab Arwani. Setelah penjamasan, keris dikembalikan ke tempat semula yakni berada di atap bangunan tajuk diiringi bacaan selawat. Dua tombak yang ikut dijamas, dikembalikan di tempatnya semula di dekat mimbar imam Masjid Sunan Kudus untuk memimpin salat berjamaah.

Source https://news.trubus.id/post/1568?url=mengintip-ritual-memandikan-keris-dan-tombak-keramat https://news.trubus.id/
Comments
Loading...