Ritual Komantan Korong Jawa Timur

0 39

Ritual Komantan Korong

Dimana ritual Komantan Korong ini dilakukan warga saat pernikahan berlangsung, dimana pengantin laki-laki dimasukkan ke dalam kurungan kemudian di arak mengelilingi sejumlah desa yang tersebar didaerah tersebut.

Kepercayaan masyarakat Situbundo khususnya Desa Asembagus ada baiknya untuk dijadikan sebuah pembelajaran, sehingga diyakini ketika seorang laki-laki yang telah menikah dan ketika sudah diarak keliling desa mengingatkan kepada perempuan yang ada di desa tersebut kalau laki-laki yang diarak tersebut telah menikah. Sehingga, bagi perempuan yang ada di desa tersebut tidak coba-coba untuk main hati dengan laki-laki yang telah dikurung dan diarak keliling desa.

Sebenarnya ritual ini telah ada sejak tahun 1800-an. Karena sempat surut keberadaannya, budayawan setempat sepakat untuk menghidupkan ritual ini kembali, karena memiliki tujuan yang baik dan luhur, selain demi melestarikan kebudayaan yang telah lama ada dan turun temurun.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/05/02/prosesi-pernikahan-adat-situbondo-jawa-timur/
Comments
Loading...