Ritual Kacar Kucur Dalam Upacara Pernikahan Adat Jawa

0 220

Ritual Kacar Kucur Dalam Upacara Pernikahan Adat Jawa

Pernikahan adat jawa sangatlah lengkap dengan serangkaian upacara adat. Selain ritual pernikahan Jawa seperti pingitan, siraman, dan midodareni. Namun ada lagi prosesi yang lebih menarik lagi, yaitu ritual kacar kucur. Kacar kucur merupakan prosesi mengucurkan biji-bijian seperti kacang kedelai, kacang tanah, gabah, padi, beras kuning, jagung, beberapa bumbu dapur, bunga sritaman, dan uang logam.

Prosesi ini adalah bentuk simbolik bagaimana seorang suami bertanggung jawab untuk memenuhi kebutuhan keluarganya dengan memberikan nafkah atau penghasilannya kepada istri. Lalu, si istri dengan selembar kain putih yang ditaruh diatas selembar tikar tua yang diletakkan diatas pangkuannya akan menerima dengan segenap hati. Yang maknanya adalah istri akan menjadi  ibu rumah tangga yang baik dan berhati-hati menjaga pemberian sang suami.

Ritual kacar kucur yang dilakukan dengan simbol-simbol ini, memang membangkitkan keseruan dalam sebuah acara pernikahan, hingga tak luput mengundang gelak tawa dari para tamu undangan yang datang. Keseruan dan kecerian ini juga menampik anggapan bahwa pernikahan yang menggunakan ritual adat identik dengan acara yang kaku dan membosankan.

Source Ritual Kacar Kucur Dalam Upacara Pernikahan Adat Jawa Seputar Pernikahan
Comments
Loading...