Ritual Hajat Buruan di Kampung Cilumber Lembang

0 7

Ritual Hajat Buruan di Kampung Cilumber Lembang

Kampung Cilumber berada di daerah Lembang, Jl. Tangkuban Parahu, kurang lebih 4 km dari Kecamatan Lembang.

Ritual “Hajat Buruan” ini diadakan setiap tahun,pada musim panen lahan pertanian. Serangkaian ritual ini dimulai sejak zaman dahulu. Menurut narasumber yang saya wawancarai (tamu yang hadir ke acara tersebut) mengatakan, “Ritual ini sudah ada dari karuhun sejak zaman dulu, dan sampai sekarang masih dilaksanakan. Tiap tahunnya selalu mengundang pimpinan daerah misalnya kepala desa sampai terkadang dihadiri oleh bupati setempat.”

Ritual ini dimulai dari masyarakat membuat nasi tumpeng dan mengolah hasil taninya. Lalu, masyarakat berbondong-bondong membawa hasil panen dan tumpeng buatannya ke suatu halaman luas untuk didoakan oleh sesepuh sebagai pimpinan ritual tersebut.

Pada kesempatan itu, ditampilkan pula kesenian buhun untuk ruwatan kampung berupa pantun, beluk, ronggeng, kuda lumping, dan sebagainya. Diiringi pula dengan alat kesenian karinding yang merupakan alat musik buatan masyarakat setempat. Gendang, gong, kecapi, dan diiringi oleh para sinden.

Tradisi ini perlu dilestarikan karena merupakan kekayaan budaya sebagai ucapan syukur kepada Tuhan,sekaligus untuk mempererat hubungan antar masyarakat.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Ritual-Hajat-Buruan-di-Kampung-Cilumber-Lembang/
Comments
Loading...