Ritual Gopek Banyu

0 58

Ritual Gopek Banyu

Pada desa kecilku di Kabupaten Klaten yang bernama Karanggotan, terdapat sebuah sendhang keramat. Sendhang sendiri memiliki arti umbul atau mata air. Sendhang ini bernama Sendhang Gotan, sesuai dengan nama desa tempat sendhang ini berada. Sendhang ini merupakan sendhang keramat karena airnya dipercaya memiliki kekuatan magis yang mampu menangkal segala aura negatif dan menyembuhkan segala penyakit. Karena itu banyak pengunjung yang dating untuk sekedar berendam atau mengambil air kemudian dibawa pulang.

Tatacara mengambil air dari dalam sendhang ini untuk kemudian dapat digunakan disebut dengan ‘gopek banyu’. Istilah gopek banyu berasal dari Bahasa jawa, gopek memiliki arti memetik dan banyu artinya air. Jadi ‘gopek banyu’ berarti mengambil air dari dalam sendhang.

Pada tatacara ini ada satu syarat yang sangat dianjurkan untuk dipenuhi agar kekuatan magis dari airnya menjadi kuat dan keinginan yang dimiliki pengunjung dapat terpenuhi. Syarat tersebut adalah dengan memberikan sedekah berupa uang beberapa rupiah kepada setiap orang termasuk anak-anak yang dating untuk membantu mendoakan. Karenanya ketika ada orang yang berkunjung ke sendhang ini selalu banyak anak-anak yang dating untuk mengharapkan sedekah.

Kekuatan magisnya seketika membuat sendhang ini menjadi terkenal di lingkup Propinsi Jawa Tengah melalui ‘gethok tular’, atau melalui mulut ke mulut. Sejak saat itu sangat banyak orang yang berkunjung, tidak sedikit pula orang dari luar daerah yang jauh-jauh dating hanya untuk mengambil air di sendhang ini. Salah satu tokoh terkenal yang pernah berkunjung ke sendhang ini adalah petinju Chris John. Kita ketahui bersama bahwa Chris John adalah seorang petinju Indonesia yang telah menjuarai berbagai kejuaraan dunia dan mengoleksi banyak sabuk juara. Chris John datang ke sendhang ini untuk berendam dan menyembuhkan luka-lukanya setelah bertarung di atas ring tinju.

Ketika sekitar lima puluh sampai dua puluh tahun yang lalu sendhang ini menjadi sumber air satu-satunya yang menghidupi warga yang bermukim di desaku. Kala itu airnya yang sangat jernih sangat menjadi andalan untuk mandi bahkan minum. Pengunjung yang datang pada saat itu juga sangat banyak.

Akan tetapi sekarang ini sumber air yang keluar dari Sendhang Gotan sangatlah kecil. Ini merupakan akibat dari berkurangnya pepohonan yang disebabkan pembukaan lahan didesaku, kemudian juga banyaknya sumur bor di desaku juga semakin membuat sumber air ini nyaris tidak mengalirkan air lagi.

Source https://budaya-indonesia.org/Gopek-Banyu/ https://budaya-indonesia.org/Gopek-Banyu/
Comments
Loading...