Riasan Khas Solo

0 357

Riasan Khas Solo

Solo terkenal dengan keanekaragamannya dari segi budaya, adat maupun wisatanya. Namun, ada khas  di Kota Solo ini yaitu Riasan make up yang  digunakan pada  pelaksanaan pernikahan. Jenis riasan yang digunakan di Kota Solo  ada beberapa, yang pertama yaitu riasan Solo Putri yang dimana riasan ini  sering dipakai oleh warga Solo dan bahkan Jawa Tengah.

Riasan Solo Putri memiliki ciri khas tertentu, paes hitam pekat dan juga cundhuk metul yang berjumlah 7 atau 9 untuk menandakan pertolongan dari yang kuasa. Diartikan pitulungan atau pertolongan, sebagai lambang dan makna dari angka 7  dalam bahasa Jawa yaitu pitu. Sedangkan sembilan melambangkan jumlah wali songo yang ada di Jawa pada zaman Wali Songo .

Riasan Solo Putri di lengkapi juga degan cundhuk sisir dan juga ronce melati tibo dodo atau untaian bunga melati yang panjang sampai didada sang wanita. Dan hiasan di kepala yang di jadikan konde di antaranya konde bokor tengkurep yang kemudian ditutupi dengan racik melati miji timun atau rajutan daun pandan dan melati.

Kedua yakni riasan dengan nama Solo Basahan.Makna tradisi ini yaitu berserah diri pada sang kuasa mengenai masa depan pernikahan yang di sertai juga dengan doa  yang dipanjatkan. Penghidupan yang harmonis dan kekal selalu di dambakan oleh setiap orang dan riasan yang indah di pandang merupakan keinginan tersendiri bagi pengantin untuk menonjolkan pada hari tersebut dengan riasan yang khas dari daerah asal mereka.

Selain itu pakaian adat Solo Basahan Keprabon pada dasarnya sama-sama memakai baju kemben dari kain dodot. Serta keduanya juga memiliki kemiripan dalam hal tata riasannya yang digunakan, yang  dipadukan antara kemben kain dodot dengan baju beludru sehingga terlihat lebih megah. Sedangkan untuk pegantin pria akan menggunakan baju beskap Jawa.

 

Source Riasan Khas Solo hipwee
Comments
Loading...