Reog Sunda, Kesenian Tradisional Dari Jawa Barat

0 185

Reog Sunda, Kesenian Tradisional Dari Jawa Barat

Reog Sunda adalah salah satu kesenian tradisional yang berasal dari Bandung, Jawa Barat. Reog Sunda merupakan kesenian perpaduan antara seni tari, lawak, lagu, dan cerita yang berisikan kritik sosial dan juga pesan keagamaan tanpa adanya unsur magis.

Reog Sunda tidaklah sama dengan Reog di Ponorogo yang memakai Barongan. Reog ala Sunda hanya menggunakan alat musik sebagai medium berkeseniannya. Kesenian ini pada umumnya ditampilkan dengan Bodoran (lawakan), serta diiringi dengan musik tradisional yang disebut Calung. Kesenian ini biasanya dimainkan oleh beberapa orang yang mempunyai bakat melawak dan berbakat seni. Kesenian ini ditampilkan dengan membawakan sebuah alur cerita yang kebanyakan cerita yang dibawakan adalah cerita lucu atau lelucon.

Oleh karena itu seluruh pertunjukan bersifat keramat, buktinya para pemain dalam hidup mereka sehari-hari tidak boleh membuat lelucon seperti itu. Dan pada pertunjukan itu juga disediakan sesajen di dekat lampu kuno yang harus menerangi pertunjukan itu. Sebelum mengadakan pertunjukan para pemain harus berpuasa. Dan sebelum memulai pertunjukan mereka harus mengucapkan jangjawokan (mantra). Dalam pertunjukan mereka bebas untuk menyindir seseorang atau keadaan, yang dalam kondisi lain mereka tidak pernah akan melakukannya. Kita harus menganggap mereka lebih dari orang-orang biasa, yang memiliki daya istimewa, jadi memiliki kebebasan yang lebih banyak daripada orang-orang lain. (Dr. Hidding. Majalah Djawa. XI, 1929, hlm. 129).

Source http://www.suarakita.org/ http://www.suarakita.org/2015/04/reog-sunda-keberagaman-ekspresi-gender-di-tanah-pasundan/
Comments
Loading...