Refleksi Hakikat Manusia terhadap Realitas Masyarakat Jawa Saat Ini

0 250

Refleksi Hakikat Manusia terhadap Realitas Masyarakat Jawa Saat Ini

Pandangan hidup bagi orang Jawa memang akan selalu mengalami perubahan dan pergeseran sesuai dengan perkembangan jaman. Sejarahpun telah membuktikan bahwa perubahan-perubahan itu selama tidak sampai mencabut pandangan hidup Jawa tidak bermasalah.

Budaya Jawa harus tetap dipertahan. Semangat tantularisme yang merupakan sumber kekuatan Jawa itu sebenarnya bukan hanya cocok untuk orang Jawa. Tetapi untuk universal. Oleh karena itu tantularisme juga merupakan sumbangan yang sebenarnya amat diperlukan oleh umat manusia sekarang ini.
Kebebasan dapat diartikan sebagai suatu kesewenang-wenangan hingga yang tertinggi kebebasan eksistensial itu merupakan penafsiran secara umum dan luas.
Manusia dapat mengarahkan manusia ke arah yang baik dan yang buruk berdasarkan prinsip moral yang mengikatnya. Masyarakat Jawa pada umumnya telah mengenal unen-unen secara turun-temurun sebagai suatu refleksi hidup,  keluarga Jawa pepatah atau unen-unen senantiasa di gunakan untuk mendidik anak-anaknya maka akan senantiasa bertahan hingga masa yang akan datang.
Kebebasan yang tidak pernah lepas dari tanggung jawab, karena kehendak manusia senantiasa terikat dengan konsekuensi yang harus dipertanggungjawabkan kepada dirinya sendiri, kepada sosialitasnya, serta dipertanggungjawabkan kepada Tuhan.
Sedangkan menurut artinya manusia Jawa sudah tidak lagi berpijak dari prinsip hidup orang Jawa, seperti :
  1. Dengan kebijaksanaan yang menyangkut hubungan manusia dengan dirinya sendiri,
  2. Hubungan sosial manusia,
  3. Serta hubungan manusia dengan Tuhan.
Sebagian filosofi hidup orang Jawa, yakni pada unen-unen sudah terlihatlah ajaran moral keagamaan yang senantiasa menjadi pegangan manusia Jawa, tujuannya yaitu untuk menjadi manusia yang bijaksana yang dapat mengatur diri sendiri.
Source Refleksi Hakikat Manusia terhadap Realitas Masyarakat Jawa Saat Ini Hakikat Manusia Jawa berdasarkan Unen-Unen
Comments
Loading...