Rasulan Dalam Kehidupan Masyarakat Desa Karangsari Karanganyar

0 44

Rasulan Dalam Kehidupan Masyarakat Desa Karangsari Karanganyar

Rasulan menurut pandangan masyarakat merupakan sebuah rangkaian upacara adat bersih desa yang hidup di dalam lingkungan masyarakat Desa Karangsari, kecamatan Jatiyoso, kabupaten Karanganyar. Dimana kegiatan ini dilakukan setiap satu tahun sekali.

Upacara dilakukan secara sederhana dan setiap dua tahun sekali dilaksanakan secara besar-besaran oleh masyarakat desa Karangsari. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk adat yang diwariskan oleh masyarakat desa Karangsari dari setiap generasi.

Awal mula kemunculan tradisi ini belum dapat ditelusuri, dikarenakan kegiatan yang masih hidup merupakan suatu bentuk kegiatan bersifat sebagai suatu warisan dari para leluhur. Sehingga sulit untuk menemukan sejak kapan tradisi tersebut muncul sebagai suatu kebudayaan masyarakat di Desa Karangsari.

Tradisi bersih desa ‘Rasulan’ yang saat sekarang hidup merupakan suatu bentuk tradisi yang sangat penting di dalam kehidupan mereka. Mereka tidak pernah meninggalkan kegiatan ini disetiap tahunnya, bahkan untuk merubah bentuk upacara yang telah ada tersebut.

Bagi mereka menjalankan tradisi ini adalah suatu kewajiban yang harus dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan. Merka percaya jika tradisi ini ditinggalkan akan berakibat fatal dan akan berdampak pada kehidupan mereka.

Mereka memahami bahwa upacara ‘rasulan’ yang mereka jalankan memiliki tujuan yang baik bagi mereka. Pada dasarnya kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan desa dari berbagai hal yang dirasa dapat mengganggu ketentraman hidup masyarakat desa Karangsari. Kegiatan ini bertujuan sebagai wujud ungkapan rasa syukur masyarakat atas berkah dan rejeki yang mereka dapatkan disetiap tahunnya.

Source http://etno06production.blogspot.co.id/ http://etno06production.blogspot.co.id/2010/04/rasulan-dalam-kehidupan-masyarakat-desa.html

Leave A Reply

Your email address will not be published.