Rangkaian Upacara Pernikahan Di Pacitan

0 54

Rangkaian Upacara Pernikahan Di Pacitan

Perkawinan, dalam rangkaian upacara di sekitar hidup individu, perkawinan merupakan peristiwa yang menandai peralihan dari masa remaja kepada golongan orang tua. Perkawinan merupakan peristiwa yang terpenting dalam lingkaran hidup individu. Rangkaian peristiwa perkawinan didahuli dengan pemilihan jodoh, hal ini juga berlaku di kalangan masyarakat desa Sawoo dan Grogol, Kabupaten Pacitan. Pada jaman dahulu pemilihan jodoh di desa Sawoo dan Grogol sama seperti yang berlaku pada masyarakat desa di Jawa pada umumnya, yaitu tergantung kepada orang tua. Berikut ini adalah rangkaian upacara pernikahan di Pacitan.

Akad Nikah

Selanjutnya pada keesokan harinya, pada saat yang telah ditentukan berdasar perhitungan adat Jawa, dilangsungkan upacara Ijab. Ijab ini dapat dilakukan di Kantor Urusan Agama (KUA) setempat, atau dapat juga dilaksanakan di rumah pengantin wanita, dengan mendatangkan Penghulu atau naib.

Temu Pengantin

Setelah ijab selesai, upacara selanjutnya ialah upacara temu yakni pertemuan pengantin Putra dengan pengantin Putri. Kemudian kedua mempelai itu didudukkan di Pelaminan yang pada umumnya terletak di depan Senthong tengah (petanen).

Kacar-Kucur

Di muka petanen ini diadakan Upacara kacar-kucur atau tampa kaya. Upacara ini mewujudkan pemberian nafkah mempelai Putra kepada isterinya.

Dahar Kembul (Suap Menyuap)

Sebagai rangkaian upacara yang terakhir di dalam upacara temu ialah upacara dhadar kembul, di mana kedua mempelai tersebut saling menyuap nasi praiar (nasi kuning). Upacara ini mengandung suatu harapan, agar di kelak kemudian antara suami dan isteri dalam kehidupan sehari-hari selalu saling bantu-membantu di dalam kesulitan maupun kebahagiaan.

Source https://gpswisataindonesia.info/ https://gpswisataindonesia.info/2017/12/pernikahan-adat-pacitan/
Comments
Loading...