Rangkaian Acara Seren Taun : Sedekah kue, Helaran, Nugel Munding, Sedekah daging, Pertunjukan seni (Hari keenam)

0 179

Rangkaian Acara Seren Taun : Sedekah kue, Helaran, Nugel Munding, Sedekah daging, Pertunjukan seni (Hari keenam)

Acara Seren Taun merupakan acara tahunan budaya Sunda yang selalu diadakan di beberapa desa di Jawa Barat.  Upacara Seren Taun diadakan sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rejeki panen yang diterima tahun lalu. Upacara ini dilakukan dengan  menyerahkan hasil panen kepada salah satu media. Beberapa desa yang masih menjalankan upacara Seren Taun setiap tahunnya adalah : Desa Cigugur, Desa Ciptagelar, Desa Adat Sindang Barang, Desa Kanekes, dan Kampung Naga Kabupaten Tasikmalaya.

Rangkaian acara Seren Taun diadakan selama 7 hari, dimana setiap harinya selalu ada rangkaian acara. Berikut ini ada acara di hari keenam.

Sedekah kue, Helaran, Nugel Munding, Sedekah daging, Pertunjukan seni (Hari keenam)

Pada hari keenam ini, acara dilakukan pada pagi hari karena acara akan berlangsung panjang. Dalam acara ini, panitia akan mempersiapkan sebanyak 40tampah yang nantinya berisikan aneka kue. Dan tambah berisikan aneka kue tersebut akan diperebutkan oleh panitia serta masyarakat. Setelah acara tersebut, dilakukan pemotongan kerbau di lapangan inpres. Sama seperti yang sebelumnya, perjalanan menuju lapangan inpres pun juga diiringi oleh kesenian khas seperti angklung gubrab, jampana berisi air kukulu dan lainnya. Setelah pemotongan kerbau, daging dari kerbau tersebut kemudian ditaruh didalam tampah. Lalu didoakan dan kemudian disedekah kan kepada warga.

Source http://www.infobudaya.net/ http://www.infobudaya.net/2018/01/7-rangkaian-acara-seren-taun-yang-harus-kalian-tahu/
Comments
Loading...