Raja Dogar ( Rajanya Domba Garut), Kesenian Dari Garut Jawa Barat

0 58

Raja Dogar ( Rajanya Domba Garut), Kesenian Dari Garut Jawa Barat

Raja Dogar dapat diartikan Rajanya Domba Garut, karena di dalam pertunjukannya di dominasi oleh kemunculan hewan ternak khas bagi masyarakat Garut, yakni Domba Garut yang divisualisasikan dalam bentuk atau model kostum yang menyerupai seperti Domba adu Garut.

Disebut Raja Dogar karena bentuk tubuh dan tinggi badanya melebihi dari Domba yang sebenarnya. Sementara Domba adu garut adalah salah satu hewan ternak yang diakui sebagai ras domba dengan kwalitas terbaik di dunia yang memiliki simbul “TEUNEUNG LUDEUNG LEBER WAWANEN NANJEURKEUN BEBENERAN” yang dapat diartikan sebagai lambing Berani dan Benar.

Seni Raja Dogar diciptakan oleh Sdr. ENTIS SUTISNA pada tanggal 18 Desember 2005 dan dideklarasikan pertama kali di Kampung Warung Kaler Desa Desa Cikarag Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.

Bentuk permainan Raja Dogar adalah reflika Laga Domba (Adu Domba) atau sekarang namanya menjadi Ketangkasan Domba Garut, baik cara dan ketentuan ketangkasan Domba tersebut diaplikasikan dengan penampilan layaknya Seni Barongsai yaitu dimainkan oleh dua orang pemain Domba, satu orang sebagai kepala dan satu orang lainnya sebagai badan dan ekor.

Kesenian Raja Dogar berfungsi sebagai Hiburan atau kalangenan yang dapat ditampilkan di berbagai acara dan arena (Panggung dan Helaran) di dalam maupun di luar ruangan. Selain dipergunakan untuk seni pertunjukan, juga sering dipergunalan untuk mengarak anak yang dikhitan dan acara-acara lain.

Source https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbjabar/2015/05/29/kesenian-tradisional-kabupaten-garut/

Leave A Reply

Your email address will not be published.