Prosesi Upacara Tarapan

0 43

Prosesi Upacara Tarapan

Pelaksanaan Tarapan dilakukan seminggu setelah haid atau setelah selesai haid. Misalnya haid berlangsung selama tujuh hari, maka pada hari ke-delapan si gadis melaksanakan ritual Tarapan. Pada prosesi tarapan, si gadis akan melaui ritual siraman yang telah diatur sesuai tradisi yang berlaku. Dalam rangkaian acara juga ia akan dibekali dengan pengetahuan seputar menstruasi dan kewanitaan. Seluruh prosesi tarapan dalam adat jawa ini hanya boleh dihadiri oleh para perempuan.

Tahapan Upacara Tarapan

Pertama

Anak yang beranjak remaja akan melakukan ritual sungkeman kepada sang ibunda dan para sesepuh yang seluruhnya berjumlah ganjil, paling banyak jumlahnya 9 orang.

Kedua

Selanjutnya, anak akan dibimbing menuju tempat siraman. Para sesepuh menyirami sang gadis dengan air bunga setaman, sebagai simbol mensucikan sang gadis setelah mendapatkan haid pertama. Mensucikan diri atau mandi besar ini juga sebagai pertanda sang gadis kembali bisa melaksanakan ritual agama. Sebab dalam ajaran Islam, seorang perempuan yang tengah menstruasi tidak diperkenankan melakukan ritual agama, seperti sholat ataupun berpuasa.

Ketiga

Saat siraman, si gadis tubuhnya digosok dengan ramuan semacam scrub berupa tepung beras 7 warna, bunga kemuning, mangir, serta daun pandan yang ditumbuk halus.

Keempat

Seusai siraman, sang gadis didandani dengan sanggul model gelung tekuk serta diberi perhiasan berupa sisir model gunungan yang dipasang di atas ubun-ubun kepala. Untuk busana dipakaikan kebaya, pending sabuk (ikat pinggang), serta balutan kain batik bermotif sidomukti, sidoluhur atau sidomulyo.

Prosesi Tarapan di Kraton Yogya & Surakarta

Perbedaan prosesi tarapan di Kraton Yogya dan Surakarta ada pada pakaian yang digunakan si anak gadis. Pada prosesi Tarapan keraton Yogyakarta, anak gadis akan memakai baju khas keraton Yogya dengan rambut disanggul. Sementara di Surakarta berbeda. Setelah siraman si gadis berganti baju dengan kain bermotif grompol sebagai lambang permohonan kebahagiaan dan kesejahteraan.

Source http://mahligai-indonesia.com/ http://mahligai-indonesia.com/ragam-budaya/tradisi-nusantara/prosesi-tarapan-2859
Comments
Loading...