budayajawa.id

Prosesi Upacara Sunatan dari Betawi

0 55
Pelaksanaan upacara ini dibagi menjadi dua: hari pertama dan hari pelaksanaan sunat. Sehari sebelum pelaksanaan sunat biasanya si anak dirias dengan pakaian penganten sunat. Sebelum berangkat untuk diarak keliling kampung, pengaten sunat dibacakan Shalawat Dustur di depan pintu rumah. Petasan lalu dinyalakan sebagai tanda iring-iringan siap berkeliling. Sekitar pukul delapan pagi si anak mulai diarak keliling kampung. Shalawat Badar disenandungkan dengan iringan rebana ketimpring sepanjang arak-arakan.
Acara penganten sunat dibuat meriah dengan tujuan untuk memberi kegembiraan pada si anak yang hendak disunat. Biasanya anak yang hendak disunat yang biasa dipanggil sebagai penganten sunat ditemani kawan karibnya ketika diarak berkeliling kampung. Setelah disunat keesokan harinya, anak lelaki yang disunat akan memperoleh hadiah dari sanak saudara dan para undangan. Hadiah yang diterima penganten sunat bisa beragam bisa berupa uang, cenderamata, atau barang berharga lainnya. Setelah prosesi penyunatan, acara akan ditutup dengan selamatan dan tahlilan.
Source http://autobiografi2015.blogspot.co.id/2016/01/tugas-3-folklore-indonesia_5.html http://autobiografi2015.blogspot.co.id
Comments
Loading...