Prosesi Upacara Adat Pernikahan Kacar-Kucur Di Banyumas

0 236

Prosesi Upacara Adat Pernikahan Kacar-Kucur Di Banyumas

Perkawinan di Banyumas masih menggunakan tradisi nenek moyang walaupun dengan perkembangan zaman, tradisi perkawinan di Banyumas sudah terakulturasi oleh budaya Surakarta dan budaya Jogyakarta. Salah satu prosesi adat pernikahan di Banyumas yaitu Kacar-Kucur.

Pada prosesi Kacar-Kucur pengantin pria menuangkan raja kaya dari kantong kain. Sedangkan pengantin wanitanya menerimanya dengan kain sindur yang diletakkan di pangkuannya. Kantong kain berisi dhuwit recehan, beras kuning, kacang kawak, dhele kawak, kara, dan bunga telon (mawar, melati, kenanga atau kanthil).

Makna dari kacar kucur adalah menandakan bahwa pengantin pria akan bertanggungjawab mencari nafkah untuk keluarganya. Raja kaya yang dituangkan tersebut tidak boleh ada yang jatuh sedikitpun, maknanya agar pengantin wanita diharapkan mempunyai sifat gemi, dan hati-hati dalam mengatur rejeki yang telah diberikan oleh suaminya.

Source https://kebudayaanindonesia242.wordpress.com/ https://kebudayaanindonesia242.wordpress.com/2016/09/12/adat-perkawinan-masyarakat-banyumas/
Comments
Loading...