Prosesi Larung Rambut Gimbal Di Dieng

0 23

Prosesi Larung Rambut Gimbal Di Dieng

Prosesi Larung Rambut Gimbal Dieng merupakan rangkaian acara Prosesi Potong atau Cukur Rambut Anak Gimbal Dieng. Prosesi ini diselenggarakan di daerah yang terdapat air yang bermuara ke laut selatan Pulau Jawa atau Samudera Hindia.

Pada kawasan Dataran Tinggi Dieng ada beberapa pilihan tempat untuk melarung diantaranya Sendang Sukorini, Kali Tulis, dan Telaga Warna Dieng. Tempat yang disebutkan terakhir yaitu Telaga Warna Dieng adalah tempat paling sering digunakan sebagai tempat melarung potongan rambut gimbal dan sesaji.

Prosesi Larung Rambut Gimbal Dieng dimulai setelah Prosesi Potong Rambut Gimbal yang diselenggarakan di Kompleks Candi Arjuna Dieng berakhir. Rombongan pemuka adat yang menyelenggarakan upacara potong rambut gimbal berjalan meninggalkan area candi menuju ke kawasan Telaga Warna Dieng untuk memulai prosesi larung sesaji dan larung potongan rambut anak gimbal.

Pada kawasan Telaga Warna Dieng, sudut yang dipilih untuk menyelenggarakan prosesi larung berada di dekat Pesanggrahan Bumi Pertolo dan Kawah Sikendang. Rute menuju tempat ini dari pintu masuk Taman Wisata Alam Telaga Warna dan Telaga Pengilon ke arah kiri.

Rombongan pemuka adat yang akan melaksanakan Prosesi Larung Rambut Gimbal Dieng berjalan beriringan melewati jalan setapak di tepi Telaga Warna Dieng. Sesaji dan potongan rambut gimbal yang diletakkan di dalam kendi dibawah menuju ke tepi Telaga Warna oleh masing-masing pemuka adat.

Satu satu pemuka adat meminpin doa sambil membakar kemenyan. Suasana terasa hening dengan sayup-sayup lantunan doa yang diucapkan pemimpin ritual adat. Tidak lama kemudian satu per satu kendi yang berisi potongan rambut gimbal dilemparkan ke tepi telaga atau danau. Prosesi Larung Rambut Gimbal Dieng berakhir dan para pemuka adat berjalan meninggalkan lokasi.

Source https://teamtouring.net/ https://teamtouring.net/prosesi-larung-rambut-gimbal-dieng.html
Comments
Loading...