budayajawa.id

Prosesi Adat Pernikahan Ubengan-Ubengan Di Wonosobo

0 11

Prosesi Adat Pernikahan Ubengan-Ubengan Di Wonosobo

Indonesia kaya akan ragam budaya, tak hanya ragam budaya milik daerah daerah yang ada, bahkan ada juga dalam internal adat-istiadat satu daerah yang sama. Salah satu kekayaan ragam budaya yang ada adalah upacara pernikahan.

Pernikahan merupakan hak dan sunnah agama yang harus dilalui oleh seseorang dalam kehidupan . Setiap manusia dewasa yang sempurna secara jasmani dan rohani(sehat) pasti membutuhkan pendamping hidup itu diharapkan dapat memenuhi hasrat biologisnya, dapat dikasihi dan mengasihi, serta dapat diajak bekerja sama mewujudkan sebuah rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah.

Salah satu prosesi adat pernikahan di Wonosobo yaitu prosesi ubeng-ubengan.  Dengan panduan perias, penganten wanita berjalan memutari pasangannya selama tiga kali di sekitar pasangan sapi (rangkaian bambu untuk 2 sapi yang diletakkan di depan kereta untuk memudahkan tarikan) yang telah disediakan.

Tetapi dengan berjalanya waktu acara ubengan sudah tidak memakai rangkaian bambu dengan pertimbangan terlalu repot untuk mencari pasangan sapi maka tetapi prosesinya masih di adakan. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai bentuk “perkenalan” antara kedua pengantin. Lewat perkenalan ini, diharapkan masing-masing saling memahami kelebihan dan kekurangan pasangannya.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com/ https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/05/02/prosesi-pernikahan-adat-wonosobo-jawa-tengah/
Comments
Loading...