Prosesi Adat Pernikahan Minum Parem Di Wonosobo

0 152

Prosesi Adat Pernikahan Minum Parem Di Wonosobo

Pernikahan merupakan hak dan sunnah agama yang harus dilalui oleh seseorang dalam kehidupan . Setiap manusia dewasa yang sempurna secara jasmani dan rohani(sehat) pasti membutuhkan pendamping hidup itu diharapkan dapat memenuhi hasrat biologisnya, dapat dikasihi dan mengasihi, serta dapat diajak bekerja sama mewujudkan sebuah rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah.

Salah satu prosesi adat pernikahan di Wonosobo yaitu Minum Parem. Minum Parem yaitu  kedua mempelai lalu diberi minum oleh kedua orang tua mempelai wanita. ibu terlebih dahulu meminumkan parem kepada keduanya lalu dilanjutkan oleh bapak.

Minum parem memberikan makna bahwa kedua penganten hendaknya marem (puas) dengan pasangan yang dipilihnya. Perkawinan adalah proses memilih pasangan hidup yang telah berlangsung lama. Fokus dalam melihat pasangan hidup, dan kelebihannya diharapkan dapat menutup kekurangannya.

Prosesi ini juga memberikan peringatan kembali tentang pentingnya peran kedua orang tua dalam membesarnya anak-anaknya. Mereka adalah orang yang pertama “menyuapi” anak-anak. Karenanya, lewat kegiatan meminumkan parem kepada kedua pengantin, kewajiban berbakti kepada mereka hendaknya mendapatkan perhatian bahkan setelah para anak berkeluarga dan mendapatkan keturunan.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com/ https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/05/02/prosesi-pernikahan-adat-wonosobo-jawa-tengah/
Comments
Loading...