Prosesi Adat Pernikahan Gendong Manten (Pakai Sindur) Wonosobo

0 67

Prosesi Adat Pernikahan Gendong Manten (Pakai Sindur) Wonosobo

Indonesia kaya akan ragam budaya, tak hanya ragam budaya milik daerah daerah yang ada, bahkan ada juga dalam internal adat-istiadat satu daerah yang sama. Salah satu kekayaan ragam budaya yang ada adalah upacara pernikahan.

Pernikahan merupakan hak dan sunnah agama yang harus dilalui oleh seseorang dalam kehidupan. Setiap manusia dewasa yang sempurna secara jasmani dan rohani(sehat) pasti membutuhkan pendamping hidup itu diharapkan dapat memenuhi hasrat biologisnya, dapat dikasihi dan mengasihi, serta dapat diajak bekerja sama mewujudkan sebuah rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah.

Salah satu prosesi adat pernikahan di Wonosobo yaitu gendong manten (pakai sindur). Setelah acara wiji dadi (injak telur), ayahanda pengantin putri mendahului berjalan dimuka menuju kursi pengantin, ibu pengantin putri memasang selendang (sindur) menutupi pundak kedua pengantin.

Selendang berisi kedua mempelai lalu ditarik oleh ayahanda dan didorong oleh ibu. Gendong manten mengandung makna bahwa ayahanda pengantin seharusnya menunjukan jalan kehidupan bagi kedua putranya sedang ibunda mendukung dari belakang. Selain itu, acara ini juga memberikan lambang bahwa kedua orangtua pengantin perempuan telah ngentaske atau menyelesaikan tugas/kewajiban mereka kepada anaknya lewat menikahkannya dengan pengantin pria.

Source https://gpswisataindonesia.wordpress.com/ https://gpswisataindonesia.wordpress.com/2016/05/02/prosesi-pernikahan-adat-wonosobo-jawa-tengah/

Leave A Reply

Your email address will not be published.