Proses Pelaksanaan Upacara Adat Ngalaksa Jawa Barat

0 690

Proses Pelaksanaan Upacara Adat Ngalaksa Jawa Barat

Upacara adat ini merupakan upacara adat yang berasal dari Jawa Barat. Upacara yang di maksud adalah Upacara Ngalaksa, biasanya upacara ini dilaksanakan oleh masyarakat Desa Rancakalong, Kecamatan Rancakalong. Awalnya, upacara Ngalaksa dilaksanakan oleh perorangan/keluarga. Biasanya di lakukan ditempat tempat yang sunyi, dan jadwal pelaksanaannya dikaitkan dengan jadwal bersawah sebagaimana halnya budaya masyarakat agraris.

Prosesi pelaksanaannya ialah :

a.    Meuseul Bakal
Meuseul Bakal adalah proses penumbukan padi secara tradisional hingga menjadi beras. Biasanya ibu-ibu yang bertugas menumbuk padi, mereka bergantian menumbuk padi dengan menggunakan alat lesung sebagai alasnya dan penumbuknya menggunakan alu, sedangkan untuk memisahkan dedaknya Ditapi (Sunda) dengan nyiru. Lamanya kegiatan bergantung pada banyaknya padi dan biasanya kegiatan dari pagi hingga siang hari.

b.    Ngibakan/ Ngageulisan
Ngibakan adalah proses mencuci beras. Dalam Ngibakan ini proes pertama yaitu beras dimasukan ke dalam wadah, wadah yang digunakan biasanya boboko jika jumlah berasnya sedikit, jika beras yang di cuci banyak bisa menggunakan said/boboko yang berukuran besar, bisa juga menggunakan totolono/dingkul. Kemudian beras di cuci dengan air bersih.

c.    Nginebkeun
Nginebkeun adalah proses dimana beras yang sudah di cuci bersih dengan air bersih kemudian di simpan di tempat pangineban seama 3 hari 3 malam. Selama proses ini beras di sirami dengan air daun combrang. Hal ini mempunyai maksud agar beras yang di smpan memiliki bau yang harum.

d.    Mesel Beas / Nipung
Adalah proses membuat tepung beras, beras yang sudah di Nginebkeun kemudian dibawa ke saung lisung untuk ditumbuk sampai lembut.

e.    Membuat Adonan
Tepung beras yang sudah lembut kemudian dicampur dengan bumbu seperti garam dan kelapa tua yang sudah diparut. Setelah itu bahan yang sudah tercampur tadi di beri air agar menjadi sebuah adonan.

f.    Membuat Orok – Orokan

Sebelum di bungkus, adonan tersebut terlebih dulu di buat orok- orokan sebanyak 3 buah. Tahap berikutnya adalah membungkus adonan dengan daun congkok, kemudian digodog dengan kancah sampai matang.

Biasanya proses kegiatan ini di lakukan dalam waktu 6 hari. Laksa atau hasil dari Upacara Ngalaksa ini kemudian di bagikan kepada masyarakat setempat.

Source Proses Pelaksanaan Upacara Adat Ngalaksa Jawa Barat kementrian pendidikan dan kebudayaan
Comments
Loading...