Properti yang Digunakan Penari Tari Bondan : Payung

0 445

Properti yang Digunakan Penari Tari Bondan : Payung

Tari Bondan adalah salah satu kesenian gerak berirama yang berasal dari wilayah Surakarta Jawa Tengah. Sebagai salah satu wilayah kerajaan Surakarta memang terkenal akan keragaman kesenian serta keunikan kebudayaan hingga saat ini. Untuk mengenal secara mendalam mengenai tari Bondan di bawah ini kami sajikan uraian tentang properti tari bondan sebagai wujud apresiasi kita terhadap warisan budaya nusantara.

Bukan rahasia lagi jika kerajaan yang berasal dari Mataram Islam ini memiliki keragaman budaya baik yang tumbuh di dalam keraton maupun yang berkembang di lingkungan masyarakat luas. Mayoritas kesenian dan budaya masyarakat Surakarta memang diawali dari dalam keraton kemudian tersebar ke masyarakat umum. Bahkan beberapa sumber tertulis menyebutkan bahwa kesenian tari yang muncul dan berkembang dari dalam keraton Surakarta tak terhitung jumlahnya. Salah satunya ialah kesenian Tari Bonda.

Memang benar, selain keunikan dalam alur cerita salah satu ciri khas yang menjukan keistimewaan terdapat para properti tari yang digunakan untuk mendukung para penari dalam mempertunjukkan alur cerita. Adapun beberapa properti yang biasa digunakan dalam sebuah pertunjukan tari bondan antara lain sebagai berikut.

Payung

Payung berperan sebagai properti yang tak boleh tertinggal dalam sebuah pertunjukan tari bondan Mardisiwi dan Cindogo. Properti ini digunakan penari sebagai pendukung gerakan sekaligus sebagai gambaran bagaimana seorang ibu melindungi anaknya dari segala mara bahaya.

Selain sebagai bentuk hiburan, filosofi yang terdapat pada pertunjukan tari bondan memiliki peran penting dalam pendidikan khususnya bagi remaja putri dalam perkembangan psikis dan mentalnya. Dengan demikian remaja putri akan lebih siap serta paham bagaimana peran seorang ibu dalam membesarkan serta melindungi anaknya.

Source https://www.senitari.com/ https://www.senitari.com/2016/05/keunikan-properti-tari-bondan.html
Comments
Loading...