Properti Tari Gambyong

0 520

Properti Tari Gambyong

Tari Gambyong  adalah tarian tradisional yang berasal dari Surakarta, Jawa Tengah. Tari ini sering kali dipertunjukan dalam acara-acara besar, seperti festival, pameran, ataupun merayakan hari-hari penting. Tarian gambyong ini sangat banyak yang menyukai dari masyarakat domestik maupun wisatawan mancanegara. Karena tari ini memiliki keunikan dan keistimewaan sendiri, dibanding tari-tari lainnya.

Tari gambyong merupakan tarian hasil kreasi baru dari perkembangan tari tayub. Tarian ini biasannya ditampilkan pada saat upacara panen dan hendak akan menanam padi. Tarian ini dipercayai oleh masyarakat untuk memanggil Dewi Sri atau Dewi Padi, supaya dia memberikan berkah kepada sawah mereka dengan hasil panen yang melimpah ruah. Nama gambyong sendiri sebenarnya berasal dari nama seorang penari terkenal pada waktu itu, yaitu Sri Gambyong. Penari terkenal Sri Gambyong itu memiliki suara yang sangat indah dan keluwesan dalam menari telah menarik perhatian banyak masyarakat dan wisatawan.

Pertunjukan seni tari gambyong atau tari tayub awal mulanya dilakukan oleh Sri Gambyong berkeliling dijalanan. Sehingga pada akhirnya banyak orang yang menganggap tari ini memiliki keunikan dan ciri khas sendiri. Properti Tari Gambyong biasanya adalah alat-alat musik gamelan tradisional jawa, seperti kenong, gong, kendang, dan gembang. Tapi yang menjadi alat musik utamanya (lead) yaitu kendang, karena alat musik ini yang menetukan irama tarian dan musik. Sehingga kendang menambah nilai estetika tersendiri dari setiap pementasan tarian ini.

Dalam pagelaran tari gambyong ini biasanya diiringi musik tembang Jawa dan gamelan. Seperti kendang, gong, kenong, dan gong, alat musik ini selalu dimainkan beriringan dengan gerakan para penari gambyong. Kendang merupakan sebuah alat musik yang dijadikan panduan atau patokan pemain musik dan penari untuk melakukan koreografi dan irama musik. Maka dari itu kendang, dijuluki sebagai nyawa dalam pagelaran tari gambyong.

Source https://qudsfata.com/ https://qudsfata.com/tari-gambyong/
Comments
Loading...