Properti Tari Aplang

0 25

Properti Tari Aplang

Properti adalah semua peralatan yang digunakan untuk kebutuhan suatu penampilan tatanan tari atau koreografi. Penggunaan properti tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan koreografi, yaitu berkaitan dengan tema dan gerak sebagai media ungkap.

Kesenian Aplang berasal dari tradisi penyebaran agama Islam di Banjarnegara, Jawa Tengah. Penyebaran Islam pada saat itu menggunakan beberapa cara, salah satunya melalui kesenian. Kesenian tersebut merupakan sarana dakwah bagi agama Islam yang berpedoman pada kitab Berjanji (berasal dari kata Al Barzanzi yaitu nama sebuah kitab karangan seorang Al Barzanzi, kitab ini berisi tentang riwayat hidup Nabi Muhammad S.A.W) dan kitab suci Al-Quran.

Properti yang digunakan dalam tari Aplang adalah ”tarompah” atau “bakiak”, merupakan alas kaki yang terbuat dari kayu dan biasanya digunakan masyarakat untuk pergi ke mushola atau masjid. Penggunaan bakiak dalam tari Aplang diharapkan lebih menambah nuansa islami, sehingga dapat mendukung isi garapan dan mempunyai nilai estetis (keindahan)

Source http://eprints.uny.ac.id/ http://eprints.uny.ac.id/27611/1/Fanni%20Angganingtyas%2009209241048.pdf
Comments
Loading...