Primbon Jawa : Seputar Wanita Jawa 2

0 230
Seputar Wanita Jawa 2

1. Jika kulit tubuhnya berwarna hitam, besar badannya, lemas rambutnya. Sebab pada dasarnya semua orang sebelum menilai dalamnya pasti melihat wajah atau fisiknya dahulu dari luar.

2. Apabila kulit tubuhnya berwarna hitam, bentuk wajahnya bulat panjang, kakinya kecil meruncing tandanya wanita yang mendatangkan rezeki, tetapi jika ia cemburu terhadap lelaki maka ia akan ditinggalkannya.

3. Jika kulit tubuhnya hitam, kecil meruncing kakinya, kecil jarinya dan lemas rambutnya. Pada dasarnya rambut adalah mahkota bagi para wanita, semua wanita pasti menginginkan rambut yang indah dan juga sebagai penunjang penambilannya.

4. Jika kulit tubuhnya hitam, tinggi besar badannya, agak pendek kakinya.

5. Jika kulit tubuhnya kuning, serta ramping  atau kecil: mata, telinga.

6. Jika kulit tubuhnya kuning, uratnya kehijauan, sinomnya  atau anak rambut bagian depan atau dahi berlingkar, pandangan matanya tenang, manis dan lebut tutur katanya. Wanita tersebut hemat tetapi jika perlu maka tidak sayang akan hartanya, berwibawa, pandai berbakti kepada suami.

7. Apabila kulit tubuhnya kuning, mukanya agak kehijauan, berjalannya seperti harimau yang lapar dalam istilah jawa ‘macan luwe’ : jalan perlahan.

8. Jika kulit tubuhnya kuning, banyak rambutnya, panjang dan keras akan tetapi ujungnya lemas. Hal-hal itulah yang membuat wanita tampil baik.

 

Source Ciri Wanita yang Baik Sifatnya Menurut Primbon Jawa bahasa wajah
Comments
Loading...