Pitutur Jawa : Nyolong Pethek

0 127

Pitutur Jawa : Nyolong Pethek

Arti “pethek” (dibaca pêthèk) adalah “terka”. Kalimat “nyolong pethek” berarti sesuatu yang tidak cocok dengan terkaan kita; sesuatu yang lain sama sekali dari apa yang kita duga, sehingga kita salah menilai. Nyolong pethek berlaku untuk manusia. Tentu saja berlaku untuk manusia, misalnya: Kelihatannya bodoh ternyata pandai, kelihatannya miskin ternyata kaya raya.

Peribahasa ini sering juga diucapkan NYOLONG PETHEL SASANGKAL-SANGKALE (dibaca:pêthèl). Pethel adalah kampak dan sangkal adalah tangkai kampak. Pethel sasangkal-sangkale: kampak lengkap dengan pegangannya.

Sebenarnya kata “nyolong pethel” tidak benar, tetapi menjadi salah kaprah. Yang benar adalah NYOLONG PETHEK, dengan pengertian seperti yang telah disebutkan di atas yaitu sesuatu yang “di luar dugaan” kita. Mohon diperhatikan bahwa ungkapan “nyolong pethek” baru bisa diucapkan setelah kita tahu keadaan yang sebenarnya.

Selama kita masih belum tahu, maka kita masih menganggap bahwa apa yang kita pikirkan adalah benar. Ketika akhirnya kita tahu bahwa kita salah, maka barulah kita bisa ucapkan: “Wah jan nyolong pethek, ketoke wong biasa jebul sugih banget”.

Source http://iwanmuljono.blogspot.com/ http://iwanmuljono.blogspot.com/2013/04/nyolong-pethek.html
Comments
Loading...