“Pesta Dadung” Kesenian Kabupaten Kuningan Sejak Abad 18

0 105

Pesta Dadung merupakan sebuah tradisi turun temurun masyarakat Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat, yang digelar secara rutin setiap tiga tahun sekali. Dadung atau tambang raksasa berwarna hitam ini terbuat dari ijuk yang dililit menjadi tambang. Tambang ijuk ini merupakan sebuah benda pusaka yang sudah lama dijadikan sebagai simbol dalam acara pesta dadung.

Makna Tersirat pelaksanaan Pesta Dadung

Upacara pesta Dadung mruypakan budaya adat yang digelar rutin untuk mengungkpakan rasa syukur kepada Sang Pencipta atas nikmat hasil pertanian yang melimpah, dengan harapan hasil tani akan lebih baik di masa akan datang.

Rangkaian Kegiatan pesta Dadung

Tambang dadung berikut perlengkapan gembala, kemudian diserahkan kepada seorang pemimpin upacara adat yang menyambutnya sambil duduk bersila dan berdoa. Setelah prosesi doa selesai, perlengkapan penggembala tadi kemudian diserahkan kembali kepada masing-masing pembawanya. Sementara, tambang dadung yang dibungkus kain putih tadi dibawa dulu menari oleh pemimpin prosesi upacara itu berkeliling di pelataran depan panggung diikuti juru tari dan beberapa orang laki-laki diiringi musik tradisional tayuban.

Tuntas dibawa menari diiringi satu lagu berjudul macan ucul, gulungan tambang dadung sepanjang sembilan meter itu kemudian dibentang dipegang oleh beberapa orang. Tambang dadung itu kemudian dibawa menari mengelilingi pelataran di bawah panggung mengiringi irama musik tayuban disertai lantunan lagu berjudul ayang-ayanggung dan sijangkirut.

Tambang dadung, selanjutnya digulung dan dibungkus kembali kain putih serta dimasukan lagi pada wadahnya semula. Tuntas sesi menggelar tali dadung tadi, prosesi tersebut kemudian dilanjutkan pada acara pesta berupa hiburan tradisional seni sunda tayuban diiringi lagu-lagu sunda buhun diikuti tarian klasik masyarakat disertai juru penari (ronggeng) secara bergiliran.

Untuk tetap menjaga kelestarianya, dibutuhkan peran serta masyarakat dan dukungan dari pemerintah, dimana peran pemerintah sangat penting dalam pelestarian budaya adat tersebut.

Source "Pesta Dadung" Kesenian Kabupaten Kuningan Sejak Abad 18 "Pesta Dadung" Kesenian Kabupaten Kuningan Sejak Abad 18 "Pesta Dadung" Kesenian Kabupaten Kuningan Sejak Abad 18
Comments
Loading...