Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan Jawa

0 334

Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan Jawa

Perubahan sosial sama dengan perubahan budaya, pendapat dari Kingsley Davis. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagian, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat dan seterusnya.

Kebudayaan mencakup:

-Cara berpikir dan tingkah laku yang timbul karena adanya interaksi yang bersifat komunikatif.

Adapun ciri adanya perubahan sosial yaitu

-Tiap masyarakat mengalami perubahan yang terjadi secara lambat atau cepat.

-Perubahan social tidak dapat dibatasi pada bidang kebendaan atau spiritual saja karena ada kaitan timbal balik yang kuat.

Faktor aneka warna bangsa itu adalah suatu sifat dari bangsa Indonesia yang sering kita banggakan, sebaliknya sifat itu juga memiliki aspek-aspek nya yang membuat pembangunan ini lebih sukar. Sel;ain itu kebudayaan yang ada di Jawa ini sangat beragam dan banyak sehingga perlu adanya pelestarian bagi generasi penerus atau anak muda  daerah ini.

Unsur perubahan yang ada individu itu sendiri juga ada 3 diantaranya yaitu :

  1. Fisiknya
  2. Jiwanya
  3. Norma atau konsep nilai-budaya yang dianutnya. Norma di dalam budaya Jawa juga sangat di hargai atau setiap orang memiliki norma sehingga mampu menghargai yang ada di daerah tersebut atau juga bisa menghargai kebudayaan yang ada di daerah yang lainnya.

Perkembangan iptek juga sangat bagi untuk perkembangan kekayaan suatu kebudayaan , tetapi penggunaan nya harus benar dan tepat.

Source Hubungan Perubahan Sosial dan Perubahan Kebudayaan Jawa extraord inary
Comments
Loading...