Pertunjukan Seni di Keraton Yogyakarta: Pagelaran tari klasik gaya Jogja

0 92

Pertunjukan Seni di Keraton Yogyakarta: Pagelaran tari klasik gaya Jogja

Acara berbalut tradisi ataupun budaya selalu disuguhkan hampir setiap hari di Keraton Jogjakarta. Anda cukup merogoh biaya masuk ke keraton apabila ingin menikmati sajian pertunjukan kebudayaan yang unik ini. Digelar di komplek keraton, selain pertunjukan ini anda juga bisa sekaligus berkeliling ke dalam lingkungan keraton. Jika anda berminat menyicipi segelintir kebudayaan Jogja dengan cara menonton pertunjukan.

Pagelaran tari klasik gaya Jogja

Pagelaran ini sangat menarik untuk dinikmati secara dekat supaya lenggok penari bisa dilihat secara jelas. Tari klasik gaya Jogja ini dahulu disebut juga dengan Joged Mataraman. Tokoh yang mempoulerkan dan mengembangkan tari gaya ini adalah Sri Sultan Hamengkubuwono I.

Dimulainya kepopuleran pertunjukan seni di Keraton Yogyakarta ini adalah ketika Perjanjian Giyanti dicetuskan. Tari yang disuguhkan biasanya berupa tari komunal sehingga gerak bersama para penari berpadu dengan iringan musik nan indah sangat menarik untuk dinikmati.

Pagelaran ini biasanya diselenggarakan pada pukul 10.00 WIB sampai dengan pukul 12.00 WIB setiap hari Kamis. Tidak diperlukan pemesanan di awal untuk menikmati pertunjukan ini, namun sangat disarankan anda dapat datang lebih awal supaya tidak kehabisan tempat untuk duduk.

Source https://bonvoyagejogja.com/ https://bonvoyagejogja.com/pertunjukan-seni-di-keraton-yogyakarta/
Comments
Loading...