Pertunjukan Seni di Keraton Yogyakarta: Karawitan

0 84

Pertunjukan Seni di Keraton Yogyakarta: Karawitan

Acara berbalut tradisi ataupun budaya selalu disuguhkan hampir setiap hari di Keraton Jogjakarta. Anda cukup merogoh biaya masuk ke keraton apabila ingin menikmati sajian pertunjukan kebudayaan yang unik ini. Digelar di komplek keraton, selain pertunjukan ini anda juga bisa sekaligus berkeliling ke dalam lingkungan keraton. Jika anda berminat menyicipi segelintir kebudayaan Jogja dengan cara menonton pertunjukan.

Karawitan

Pagelaran karawitan ini dilaksanakan setiap hari Senin dan Selasa, dimulainya pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB. Karawitan berasal dari kata rawit yang berarti halus. Sehingga bisa disimpulkan apabila pertunjukan ini adalah pertunjukan memainkan alat musik secara halus.

Selain memainkan alat musik, terdapat pula beberapa sinden atau penyanyi lagu berbahasa Jawa yang ikut menyumbang suara dalam pagelaran ini. Dalam pagelaran ini, nilai ideal musik Jawa sangat kental dan pakem sehingga anda dapat melihat uniknya musik Jawa secara nyata.

Apabila anda berniat menikmati pagelaran ini, pilihlah tempat duduk yang agak jauh dari pusat suara (gamelan). Suara sayup gamelan dalam karawitan ini sangat cocok didengarkan dalam kondisi sayup-sayup. Pertunjukan seni di Keraton Yogyakarta ini cocok untuk anda yang menikmati musik bernuansa Jawa.

Source https://bonvoyagejogja.com/ https://bonvoyagejogja.com/pertunjukan-seni-di-keraton-yogyakarta/
Comments
Loading...