Pertunjukan Jipeng, Kesenian Tradisional dari Betawi

0 44

Alat musik yang digunakan dalam kesenian Jipeng tidak jauh berbeda dengan Tanjidor. Ada klarinettrompet, trombone, tenor, bass tambur, simbal, dengan tambahan gendang, gong, dan alat musik gesek, seperti tehyan dan rebab.

Pada perkembangannya, alat musik Tanjidor sering kali digantikan dengan kromong tiga pencon, gendang, kecrek, kempul, suling, dan gong buyung.

Kesenian Jipeng biasa dipentaskan dalam acara pesta, syukuran, khitanan, penyambutan tamu, dan upacara adat Betawi yang berkaitan dengan nilai agama. Pertunjukan Jipeng biasanya dilaksanakan di lapangan terbuka yang luas agar dapat menampung banyak penonton. Apalagi, kesenian ini mementaskan nyanyi, tari, dan lawakan yang memerlukan ruang untuk bebas bergerak.

Waktu pementasan Jipeng umumnya pada malam hari. Sedangkan pada siang hari, Tanjidor biasanya terlebih dahulu diarak keliling kampung.  Tata cara pertunjukan Jipeng hampir sama dengan pertunjukan Topeng. Perbedaan keduanya hanya pada awal pertunjukan dan kostum.

Pertunjukan Topeng diawali dengan lagu Arang-arangan, sedangkan Jipeng diawali dengan lagu-lagu mars khas Tanjidor. Kostum yang digunakan pemain Jipeng lebih sederhana. Untuk penarinya, Jipeng cukup memakai kebaya, kain panjang, dan selendang panjang yang diikat di pinggang.

Cerita yang dibawakan dalam pertunjukan Jipeng, antara lain mengenai Sultan Majapahit, Prabu Siliwangi, Babad Bogor, Sinden Siluman, dan Rindon Jago Kerawang. Dalam pementasannya, Jipeng mementingkan humor. Apabila diselenggarakan semalaman, pementasan akan menghadirkan pemain pria yang berperan sebagai tokoh wanita untuk lebih memeriahkan suasana.

Tema dan cerita yang dibawakan Jipeng tidak banyak berbeda dengan Topeng. Tema cerita berkisar pada kepahlawanan. Sosok tokoh kesatria yang melawan kesewenangan penjajah dan tuan tanah sering ditampilkan. Amanat dalam cerita adalah kebaikan dan kebenaran pasti dapat mengalahkan kejahatan.

Source https://id.wikipedia.org/wiki/Jipeng id.wikipedia.org

Leave A Reply

Your email address will not be published.