Persiapan Pelaksanaan Saparan Kalibuko, Kulon Progo

0 189

Lima hari menjelang puncak upacara masyarakat Desa Kalibuko mengganti pagar yang mengitari rumpun bambu yang disebut pring gedhe, serta membersihkan tempat upacara. Di awali dengan doa permohonan selamat yang dilakukan oleh sesepuh desa dan di sertai dengan pembakaran kemenyan.

Kemudian pelaksanaan penggantian pagan lama dan perbaikan serta mem¬bersihkan Iingkungan pring gedhe. Setelah selesai kemudian dilanjutkan dengan membersihkan komplek atau lingkungan Sebatur yang akan dipakai sebagai tempat upacara. Setelah sesepuh desa menyampaikan doa di Sebatur, maka dilakukan persiapan-persiapan yaitu dengan membersihkan tanah lapang sehatur yang terletak di tepi tanah pekarangan di kawasan Desa Kalibuko II.

Tanah lapang dibersihkan rumput-rumputnya, kemudian membuat tungku untuk memasak, membuat tempat penyembelihan, menggali tanah tempat untuk metak `menanam’ kepala kambing, dan mengatur tempat untuk pelaksanaan upacara. Setelah semuanya selesai maka para warga desa yang mempersiapkan tersebut kembali ke rumah masing-masing.

Source http://wisatadanbudaya.blogspot.com/2010/11/tradisi-dan-makna-simbolik-saparan.html http://wisatadanbudaya.blogspot.com
Comments
Loading...