Permainan Ucing Sumput

0 394

Permainan Ucing Sumput

Permainan Ucing Sumput atau biasa di sebut dengan Petak Umpet adalah salah satu permainan anak yang ada di Jawa. Ada pula yang menyebutnya dengan sebutan lithungan. Selain Indonesia ternyata permainan ini juga sangat digemari oleh anak-anak di luar negeri, mereka menyebutnya dengan nama Hide and Sheek.

Manfaat yang bisa didapat dari permainan Ucing Sumput ialah :

1. Anak belajar menghitung, melatih motorik kasar.

2.Mengasah ketelitian dan kepekaan, melatih kesabaran, belajar mengingat nama.

3.Belajar mengikuti aturan.

4.Permainan tradisional ini juga menjadikan anak lebih kuat dan tangkas secara fisik.

5.Memberikan pendidikan pada anak untuk bermain sportif, jujur, dan kreatif.

Langkah dalam melakukan permainan tersebut ialah:

1.Tahap yang Pertama

Anak-anak atau peserta yang akan ikut bermain biasanya berkumpul lalu dimulai dengan hompimpa. Tujuannya untuk menentukan siapa yang menjadi ucing, yang berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi.

Sedangkan Si ucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 10, biasanya menghadap tembok, pohon atau apa saja supaya dia tidak melihat teman-temannya yang berlarian untuk bersembunyi. Pada hitungan ke 10, si ucing atau pihak yang mencari membuka mata dan mulai mencari teman-temannya. Hitungan bisa disesuaikan tidak ada aturan.

2.Yang Kedua

Apabila menemukan persembunyian temannya, ia akan meneriakan nama temannya tersebut lalu berlari ke benteng untuk menepuk benteng sambil berkata “hong”. Jika si ucing hanya menyebutkan namanya saja maka dianggap tidak sah dan permainan harus diulang dari awal.

Sedangkan apabila salah satu temannya ada yang bisa mendahului si ucing untuk menepuk atau menyentuh benteng dan berteriak “hong” maka anak-anak menang dan si ucing kalah. Si ucing harus menutup mata kembali sambil bersender ke tiang atau dinding yang dijadikan sebagai benteng, dan permainan diulang dari awal.

Source Permainan Ucing Sumput marneskliker
Comments
Loading...