Permainan Ucing Kabeh Kabupaten Bandung

0 87

Ucing Kabeh

Ucing kabeh adalah permainan anak yang berasal dari daerah Jawa Barat. Dalam bahasa Indonesia, ucing kabeh memiliki arti kucing semua. Dinamakan begitu karena dalam permainan ini, semua pemain pada akhirnya akan menjadi ucing.

Pemain paling sedikit terdiri dari 3 orang anak. Diawali dengan lagu cang kacang panjang dengan menarik ulur lengan ke depan untuk memilih orang yang akan menjadi ucing untuk pertama kali. Setelah si ucing terpilih, semua anak akan berlarian dari kejaran ucing. Ucing bertugas untuk mengejar dan menyentuh temannya yang kemudian menjadi ucing kedua. Ucing pertama dan kedua kemudian bekerja sama untuk mengejar teman yang lainnya dan menjadikan mereka sebagai ucing juga. Prosesi kejar-kejaran berlangsung sampai semua pemain menjadi ucing. Setelah semuanya menjadi ucing, permainan ronde pertama berakhir. Pemain yang pertama kali disentuh dan menjadi ucing, akan menggantikan ucing sebelumnya dan kejar-kejaran kembali dimulai.

Dalam permainan ini, pemain ditantang untuk gesit dan cekatan dalam mengejar temannya. Setelah ucing ada lebih dari satu, diperlukan kerjasama antar sesama ucing untuk menangkap sisa pemain.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Ucing-Kabeh/
Comments
Loading...