Permainan Tradisional Watu Nembak Watu / Dampu Banten

0 67

Permainan Tradisional Watu Nembak Watu / Dampu Banten

Watu nembak watu atau beberapa masyarakat daerah Banten menyembutnya dengan “dampu” adalah permainan khas daerah Banten yang biasa di mainkan oleh 2 – 6 orang sekaligus. Permainan ini hanya ber alatkan sebuah batu bagi setiap orangnya. Batu tersebut biasa disebut sebagai “gacon”. Permainan ini akan dibagi kedalam 2 kelompok, yaitu kelompok penyerang dan kelompok bertahan. permainan ini biasanya dimainkan di lahan tanah terbuka, dengan panjang arena minimal 3 meter. Arena tersebut dibuat dengan menggarisi wilayah batas mulai penyerang dan tempat menaruh batu bagi tim bertahan. Adapun cara bermainnya adalah sebagai berikut.

  1. Gacon pemain bertahan diletakkan secara berdiri di tempat yang sudah disediakan,
  2. pemain menyerang bersiap di batas mulai penyerang,
  3. gacon dari pemain menyerang diletakkan di atas punggung kaki orang tersebut.
  4. pemain menyerang melakukan satu kali langkah kaki dan saat langkah kaki selanjutnya gacon tersebut dibiarkan terlempar dengan diarahkan ke gacon pemain lawan.
  5. Apabila gacon pemain menyerang berhasil mengenai gacon dari pemain bertahan, maka pemain menyerang akan menjadi pemenang,
  6. Namun, apabila gacon dari pemain menyerang meleset, maka pemain tersebut akan diberikan satu kali kesempatan menembak lagi ditempat gacon penyerang berhenti menggelinding dan pemain pemain tersebut harus melakukan penembakan dengan posisi badan membelakangi target.
  7. Apabila masih tetap meleset, maka tim bertahan akan menang.
Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/watu-nembak-watu-dampu/
Comments
Loading...