Permainan Tradisional Ucing Peungpeun Jawa Barat

0 360

Permainan Tradisional Ucing Peungpeun Jawa Barat

Permainan rakyat tersebar di daerah Jawa Barat dan merupakan bagian dari folklore. Kecenderungan manusia untuk menikmati suatu permainan yang mendidik dan menggembirakan, sebenarnya bersifat universal.

Namun tiap daerah atau tempat memiliki cara yang berlainan. Masyarakat Jawa Barat sejak jaman dulu telah memiliki banyak permainan yang dilakukan terutama oleh anak-anak pada waktu senggang. Bila permainan rakyat yang ada di Jawa Barat kita kaji ternyata bersifat edukatif; mengandung unsur pendidikan jasmani, kecermatan, kelincahan, daya pikir, apresiasi artistik (unsur seni), kesegaran psikologis dan sebagainya. Keterampilan berprestasi yang bersifat hiburan dalam wujud permainan rakyat kita jumpai di mana-mana.

Permainan Ucing Peungpeun dilakukan oleh anak laki-laki atau perempuan. Permainan  Ucing Peungpeun dilakukan di tempat terbuka, jumlah peserta dapat sampai 10 orang anak. Permainan  Ucing Peungpeun merupakan permainan perorangan, dimana yang menjadi kucing matanya ditutup dan berada di tengah-tengah lingkaran mangsanya.

Sambil bernyanyi mereka mengelilingi kucingnya, dan apabila selesai bernyanyi yang menjadi kucing harus menerka mangsanya, dan apabila terkaannya benar ia berbalik jadi mangsanya, begitu seterusnya. Permainan ini melatih untuk ketepatan menerka dan kejujuran. Permainan  Ucing Peungpeun merupakan hiburan dan tersebar di Jawa Barat.

Source http://anjjabar.go.id/ http://anjjabar.go.id/permainan-rakyat
Comments
Loading...