Permainan Tradisional Ucing Kub Jawa Barat

0 37

Ucing Kub

Ucing Kub adalah sebuah permainan tradisional anak-anak di kawasan Jawa Barat,Di Era ini mungkin sudah jarang sekali yang memainkan permainan ini,realitanya anak-anak sekarang lebih memilih untuk bermain gadget dibandingkan bermain bersama teman-teman disore hari seperti dahulu kala.

Ucing dalam bahasa sunda artinya adalah kucing sedangkan kub bisa diartikan dengan meletakan tangan di dada dengan posisi menyilang,permainan sunda biasanya banyak menggunakan kata ucing, misalnya ucing-ucingan,biasanya penggunaan kata ucing ini didefinisikan dengan permainan yang berlari-lari. Permainan ucing kub dimainkan oleh paling sedikit 3 orang, semakin banyak orangnya akan semakin seru.

Teknis permainan ini adalah diawali dengan hom pim pa,yaitu menentukan siapa yang menjadi ucing nya(yang mengejarnya) lalu pemain langsung berlarian tetapi ucing tidak bisa menangkap pemain yang meneriakan “kub” sembari memnyilangkan kedua tangan di dada. Pemain yang kub bisa dibangunkan kembali oleh teman yang berlarian. Ucing akan menangkap pemain dengan meneriakan “Jadi ucing” kepada pemain yang tertangkap dan si pemain pun berganti jadi ucing.

Permainan ini cukup simpel dan sangat asyik untuk dimainkan bersama teman-teman. Banyak sekali positifnya,olahraga fisik, konsentrasi, lapang dada dan juga kesabaran. Ayo anak Indonesia lestarikan permainan tradisonal yang tentunya lebih positif dibandingkan permainan gadget.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Ucing-kub/
Comments
Loading...