Permainan Tradisional Ucing Jidar Sunda

0 115

Ucing Jidar

Ucing Jidar adalah sebuah permainan berasal dari dua suku kata yaitu ucing (artinya kucing) dalam hal ini artinya orang yang jaga dan jidar (artinya penggaris) tapi bukan berarti bermain menggunakan penggaris, melainkan menggunakan kayu, dahan atau benda-benda yang tipis dan panjang.

Permainan ini dimainkan 3 orang atau lebih, menuntut anak-anak untuk melompati jarak dan langkah yang telah ditentukan oleh pemain pertama.

Cara menentukan siapa yang jaga berbeda beda setiap daerahnya ada yang hompimpa dengan lirik:

“Hompimpa alaikum gambreng

Nya Ijah pakai baju rombeng

Selagi menyanyikan lagu hompimpa anak anak membolak-balikkan tangannya sampai lagunya selesai, dan ketika lagu berakhir setiap anak menentukan posisi telapak tangannya diatas atau dibawah. Jika beda sendiri dia yang jaga atau diambil yang posisi telapak tangannya sama dan jumlahnya sedikit, akan ditentukan lagi dengan cara hompimpa atau suit.

Ada juga sebagian daerah yang menentukan ucing dengan cara bersenandung:

Cing ciripit tulang bajing kacapit kacapit kubulu pare

Bulu pare seuseukeutna jol padalang

Mawa wayang jekjeknong”

Senandung ini dinyanyian saat anak-anak menyimpang jari telunjuk di telapak tangan teman sebelahnya dengan posisi melingkar. Ketika senandung itu selesai diakhiri kata “jekjeknong”telapak tangan tersebut akan dilepaskan dan anak yang telunjuknya terjepit dialah yang akan menjadi ucing.

Aturan bermain ucing jidar

  1. Anak yang berperan sebagai ucing menyiapkan alatnya dan menentukan jarak kedua kayu, biasanya dimulai dengan satu langkah.
  2. Anak yang bermain pertama melompati kayu dan anak yang dibelakangnya mengikuti langkah anak pertama. Misalnya anak pertama bisa melewati jarah antara kayu dengan 2 langkah, maka anak yang dibelakang pun harus mengikuti 2 langkah.
  3. Apabila ada anak yang tidak bisa mengikuti jarak dan langkah yang telah ditentukan, maka anak itu menjadi ucing.
  4. Jarak antara dua kayu semakin lama semakin lebar.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Ucing-Jidar/
Comments
Loading...