Permainan Tradisional Tong Malia Tong

0 134

Tong Malia Tong

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keunikan dan keanekaragaman budaya. Salah satunya adalah beragam jenis permainan tradisional yang sering dimainkan oleh anak-anak untuk mengisi waktu senggang mereka. Dahulu banyak sekali jenis permainan yang sering dimainkan anak-anak saat berkumpul dengan teman sebaya mereka.

Permainan tradisional sangat populer pada masanya. Selain untuk mengisi waktu senggang, permainan tradisional menjadi sarana hiburan yang murah meriah dan memiliki banyak manfaat dalam membangun karakter anak juga menumbuhkan rasa kebersamaan. Seiring berkembangnya kemajuan teknologi, mungkin di masa sekarang cukup jarang kita melihat anak-anak yang bermain permainan tradisional. Untuk itu, mari kita ingat kembali salah satu permainan tradisional berikut.

Tong malia tong merupakan salah satu lagu permainan tradisional Sunda. Permainan ini ramainya dimainkan oleh sekitar lima orang anak atau lebih. Permainan ini hampir sama seperti halnya permainan¬†‘ucing sumput’¬†atau disebut petak umpet dalam bahasa Indonesia. Perbadaannya dalam permainan ini yang menjadi kucing harus sujud membungkuk di tengah anak-anak lain yang duduk mengelilingi si kucing. Dimana tangan anak-anak lainnya nanti akan bergiliran memindahkan sebuah benda, biasanya sejenis batu kerikil atau biji-bijian. Mereka akan menyanyikan lagu ‘Tong malia tong’ sejalan dengan mereka bergiliran memindahkan kerikil/biji dari tangan satu ke tangan lain.

Lirik lagu Tong Malia Tong

Tong mali maliatong mendekong/bedegong
Kayu manis disangkane ora sombong
Sombong rinci-rinci
Sombong rinci-rinci
Ba ayu tiang pundi
Pundi tongta-tongta
Pundi tongta-tongta
Bujur nini segede onta

Jigow jigow jigow, jigow jigow jigow

Hingga lagu habis, yang menjadi kucing bangun dan menebak di tangan mana krikil/biji itu berada. Jika tebakan anak yang menjadi kucing benar, maka anak yang memegang krikil/biji yang menjadi kucing selanjutnya. Tapi jika tebakan anak yang menjadi kucing salah, maka ia akan tetap menjadi kucing. Kejujuran sangatlah diperhatikan dalam memainkan permainan ini. Disamping itu, anak-anak dapat meningkatkan rasa kebersamaan dan kepekaan dengan orang sekitar mereka.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tong-Malia-Tong/
Comments
Loading...