Permainan Tradisional Tatarucingan Jawa Barat

0 96

Tatarucingan

Tatarucingan adalah suatu permainan yang berasal dari daerah jawa barat. Tatarucingan itu, jika dalam bahasa indonesia biasa kita kenal atau kita sebut dengan “tebak-tebakan”, tetapi cara mainnya ya tentu menggunakan bahasa sunda dan dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti menghibur, memberi nasihat, memuji, dan bahkan menghina.

Tatarucingan dapat dimainkan oleh siapa saja, baik anak-anak, remaja, ataupun orang dewasa, asalkan tebak-tebakan yang digunakan harus pas penggunaannya. Misalnya ketika kita sedang melakukan percakapan dengan orang yang lebih tua dan ingin memberikan tebak tebakkan, maka kitapun harus memberikan tebak-tebakan yang tentu sopan, soalnya bagaimanapun kita harus tetap memperhatikan etika dan etiket yang ada.

Tatarucingan dapat dimainkan ketika kita sedang melakukan percakapan yang tak formal dengan siapapun asalkan penggunaannya pas, bercanda gurau dengan teman (saling berbalas tebak-tebakkan), ataupun hiburan diumum, seperti balas pantun, tapi pantunnya diganti dengan tebak-tebakkan

Untuk cara mainnya, tidak ada aturan yang ditetapkan layaknya permainan tradisional lain, seperti ucing sumput, galasin, dll. Kita dapat memainkannya dalam sebuah percakapan, misalkan kita sedang mengobrol dengan teman kita, kita bisa langsung saja memberikan tebak-tebakannya dan teman kita bisa langsung menjawab. Jika sedang memang bercanda dengan teman, kita bisa saling berbalas tebak-tebakan, dan yang kalah diberi hukuman sesuai perjanjian.

Contoh Tatarucingan:

1. P : Hayam rintit, nonggeng kalangit,
J  : Ganas

2. P : Gajah, gajah naon nu belalaina pendek ?
J  : Gajah pesek

3. P : Panonna opat, sukuna tilu
J  : Aki-aki make kacamata mawa iteuk

4  P : Naon bedana kuda jeung kudra
J  : Mun kuda mah sukuna opat, mun kudra mah sukuna oprat

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Tatarucingan/
Comments
Loading...