Permainan Tradisional Sri Gendem Jawa Timur

0 113

Sri Gendem

Sri Gendem adalah salah satu permainan yang cukup terkenal di kalangan anak-anak daerah Jawa. Permainan ini membutuhkan banyak anak yang turut serta di dalamnya. Berikut adalah tata cara permainan Sri Gendem :

  1. Terdapat 2 peran yaitu peran “si pencari” dan “ buron”. Pemerannya harus ditentukan dengan Hompimpah.
  2. Si pencari adalah satu orang yang dengan mata tertutup kain atau sapu tangan yang bertugas mencari para buron.
  3. Para buron adalah anak – anak yang berputar mengelilingi si pencari yang berada di tengah.
  4. Permainan ini diawali dengan si pencari yang diputar badannya beberapa kali kemudian mencari para si buron yang mengelilinya sambil menyanyikan lagu tradisional Padhang Bulan.
  5. Permainan ini berakhir ketika si pencari selesai menangkap dan menebak semua si buron. Kemudian permainan dimulai dari awal dengan Hompimpah

Permainan ini biasa dimainkan ketika menjelang malam hari (setelah Maghrib) di luar rumah dimana pada masa dulu masih belum ada pemasok listrik sehingga yang menerangi area sekitar hanyalah sinar bulan. Permainan ini dimainkan agar anak-anak yang biasa tertidur menjelang malam hari tetap terjaga karena masyarakat percaya bahwa pada waktu tersebut para lelembut dan makhluk halus mulai berkeliaran sehingga setiap orang harus tetap terjaga dan waspada agar tidak terkena penyakit dan gangguan gaib.

Source https://budaya-indonesia.or https://budaya-indonesia.org/Sri-Gendem/
Comments
Loading...