Permainan Tradisional Soyang Yogyakarta

0 89

Soyang

Permaian tradisional anak-anak yang menampilkan dialog seorang simbok (ibu, mungkin seorang janda) dengan beberapa orang anak dan seorang yang kaya dengan sebutan lurah. Karena kemiskinannya, sang ibu mencoba menyerahkan anak-anaknya kepada lurah yang kaya untuk ngenger (numpang) sebagai pembantunya. Permainan soyang merupakan salah satu permainan yang prosesnya melatih anak-anak untuk belajar bahasa Jawa dengan bermacam-macam stratifikasinya, sehingga dalam permainan ini anak-anak dapat dapat melatih diri untuk menggunakan bahasa tata karma secara bebas dengan teman-teman sebayanya.

Permainan soyang dalam prosesnya terdiri dari dua tahap. Tahap pertama adalah adegan penyerahan anak-anak si embok kepada lurah. Penyerahan anak masing-amsing dilakukan satu demi satu yan masing-masing diiringi lagu “ soyang, soyang, mbathik plangi dul Semarang, ya ya Bu, ya ya Pa,manuk Endra, kawan atus jawan dasa, e kawula ngenger, ngengerake, sandhang pangan luru dhewe” hingga anak-anak si embok habis. Setiap lagu soyang selesai dinyanyikan, s mbok dan anak-anaknya lalu jongkok dihadapan lurah, dengan sebuah dialog yang intinya penyerahan anak-anak si embok kepada lurah.

Tahap kedua adalah kebalikan tahap pertama, yaitu adegan permintaan kembali oleh si embok kepada lurah atas anak-anak yang telah diserahkan tersebut. Sebelum si embok tadi memohon kepada kurah atas anak-anaknya mundur menyanyikan lagu soyang di hadapan lurah. Setelah lagu selesai dinyanyikan, si embok jongkok di hadapan lurah, dengan sebuah dialog yang intinya permintaan kembali anak-anak si embok dari lurah. Adegan ini berjalan berulang-ulang hingga anak-anak si embok habis.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/soyang/
Comments
Loading...