Permainan Tradisional Serok Jawa Barat

0 175

Permainan Tradisional Serok Jawa Barat

Permainan rakyat tersebar di daerah Jawa Barat dan merupakan bagian dari folklore. Kecenderungan manusia untuk menikmati suatu permainan yang mendidik dan menggembirakan, sebenarnya bersifat universal. Namun tiap daerah atau tempat memiliki cara yang berlainan.

Masyarakat Jawa Barat sejak jaman dulu telah memiliki banyak permainan yang dilakukan terutama oleh anak-anak pada waktu senggang. Bila permainan rakyat yang ada di Jawa Barat kita kaji ternyata bersifat edukatif; mengandung unsur pendidikan jasmani, kecermatan, kelincahan, daya pikir, apresiasi artistik (unsur seni), kesegaran psikologis dan sebagainya. Keterampilan berprestasi yang bersifat hiburan dalam wujud permainan rakyat kita jumpai di mana-mana.

Permaianan serok merupakan permainan tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Permainan Serok dilakukan oleh anak perempuan berumur 6 sampai 12 tahun. Alat yang dipakai dalam permainan ini diantaranya biji sawo, biji tanjung, biji asam atau biji jarak. Sedangkan sebagai seroknya digunakan daun nangka. Banyaknya pemain paling sedikit 2 orang, paling banyak 5 orang dalam posisi berhadap-hadapan sambil duduk.

Tempat untuk bermain biasanya pada emper-emper rumah yang bertegel atau serambi yang berlantai ubin atau papan. Permainan ini memupuk rasa sportivitas, mendidik keterampilan dan ketelitian. Mengandung unsur bertanding untuk menang, permainan ini terdapat di Priangan dan sekitarnya.

Source http://anjjabar.go.id/ http://anjjabar.go.id/permainan-rakyat
Comments
Loading...