Permainan Tradisional “Sapu Tangan”

0 100

Permainan Tradisional “Sapu Tangan”

Permainan ini memiliki kemiripan dalam permainan merboni-boni sapu tangan, hanya saja apabila merboni-noni sapu tangan menjatuhkan sapu tangan secara diam-diam, permainan ini berusaha untuk mengejar si pelempar sapu tangan, dan permainan ini diiringi dengan lagu “Saputangan” karya Indi, Mikha, dan Nicky.

SAPUTANGAN

Sapu tangansapu tangan

Terbuat dari kain

Bagusnya bukan main

Siapa yang belum punya

Harus mengajar saya

Permainan ini biasa dimainkan oleh anak-anak, dan biasanya terdiri dari 20 anak atau lebih (seperti ukuran 1 kelas) yang masing masing duduk melingkar.

Cara Bermain :

Pemilik saputangan (yang dipilih secara random atau acak dalam awal permainan) berlari memutari lingkaran, sementara pada saat yang bersamaan, semua orang menyanyikan lagu “Saputangan”. Bila lagu yang dinyanyikan sudah habis (mencapai kata saya) pemilik sapu tangan harus melempar sapu tangan tersebut ke orang yang berada paling dekat dengannya di lingkaran tersebut. Orang yang mendapatkan saputangan harus mengejar si pelempar sapu tangan. Orang yang sedang dikejar (pelempar sarung tangan) harus berlari mengitari 1 lingkaran untuk duduk di tempat yang kosong (tempat orang yang mendapatkan sapu tangan). Jika orang yang sedang dikejar gagal (terkena sapu tangan) maka dia harus berlari ulang, bila dia berhasil maka orang yang mendapatkan sapu tangan berlari memutari lingkaran dan semuanya menyanyikan lagu “Saputangan” kembali.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/Permainan-dan-lagu-Sapu-Tangan/
Comments
Loading...