Permainan Tradisional Perepet Jengkol

0 190

Permainan Tradisional Perepet Jengkol

Permainan tradisional yang sangat sederhana di mana tidak menggunakan alat apa pun, dan hanya memerlukan 3 sampai 4 orang pemain biasanya di Jawa Barat disebut dengan Perepet Jengkol.

Manfaat Permainan Perepet Jengkol

Permainan Perepet Jengkol memiliki manfaat yang berguna bagi tubuh, yaitu :

  1. Melatih keseimbangan para pemainnya.
  2. Melatih kekompakan antar pemainnya dalam satu kelompok.
  3. Melatih kekuatan kaki para pemain, karena kaki sebagai penopang dalam permainan, kalau kaki para pemain tidak dapat menahan maka para pemain akan jatuh.
  4. Melatih kecerdikan, agar kaki para pemain tidak mudah terlepas supaya pemain tidak mudah terjatuh.
  5. Melatih kelincahan tubuh, karena para pemain harus meloncat-loncat sambil berputar-putar.

Cara bermain dari permainan tradisional Perepet Jengkol, yaitu :

  1. Yang pertama harus dilakukan ialah Para pemainnya berdiri sambil membelakangi temannya masing-masing kemudian para pemainnya saling berpegangan tangan atau merangkul asalkan saling mengikat satu sama lainnya.
  2. Selanjutnya, salah satu kaki setiap pemainnya diangkat kemudian dikaitkan dengan kaki pemain lainnya yang diangkat juga.
  3. Kaki mereka tersebut dianyamkan hingga kuat. Sehingga, kaki pemain yang satu dengan pemain yang lainnya saling terkait dan usahakan jangan terlepas.
  4. Apabila pertahanan kakinya sudah kuat, masing-masing pemain harus menjaga keseimbangannya agar tidak terjatuh dan satu per satu mulai melepaskan tangannya.
  5. Semua pemain meloncat-loncat bergerak berputar ke arah kanan atau kiri tergantung kesepakatan bersama. Sambil berputar semuanya melantunkan lagu yang ada di atas sambil bertepuk tangan.
  6. Semakin lama putarannya akan semakin cepat hingga akhirnya keseimbangan para pemain tidak dapat dipertahankan lagi dan semuanya berjatuhan.

Demikian permainan tradisional yang disebut dengan Perepet Jengkol yang biasanya di mainkan oleh anak-anak bersama teman-teman mereka.

Source https://budaya-indonesia.org https://budaya-indonesia.org/2-Perepet-Jengkol/
Comments
Loading...