Permainan Tradisional Ngadu Karbit Jawa Barat

0 242

Permainan Tradisional Ngadu Karbit Jawa Barat

Permainan rakyat tersebar di daerah Jawa Barat, dan merupakan bagian dari folklore. Kecenderungan manusia untuk menikmati suatu permainan yang mendidik dan menggembirakan, sebenarnya bersifat universal. Namun tiap daerah atau tempat memiliki cara yang berlainan.

Masyarakat Jawa Barat sejak jaman dulu telah memiliki banyak permainan yang dilakukan terutama oleh anak-anak pada waktu senggang. Bila permainan rakyat yang ada di Jawa Barat kita kaji ternyata bersifat edukatif; mengandung unsur pendidikan jasmani, kecermatan, kelincahan, daya pikir, apresiasi artistik (unsur seni), kesegaran psikologis dan sebagainya. Keterampilan berprestasi yang bersifat hiburan dalam wujud permainan rakyat kita jumpai di mana-mana.

Permainan Ngadu Karbit merupakan permainan untuk orang dewasa yang menggunakan meriam yang terbuat dari batang enau/pinang, gagang dari bilah bambu dan kaleng bekas untuk tempat karbit yang diairi. Banyaknya pemain tidak tentu tergantung dari banyaknya alat yang digunakan.

Mengandung unsur pertandingan antar kelompok, dan dilakukan di tempat terbuka yang cukup luas. Biasanya permainan Ngadu Karbit dilakukan menjelang akhir bulan puasa sebagai hiburan. Kini permainan Ngadu Karbit jarang dilakukan karena membahayakan. Terdapat di daerah Bogor dan Karawang.

Source http://anjjabar.go.id/ http://anjjabar.go.id/permainan-rakyat
Comments
Loading...