Permainan Tradisional Ngadu Kaleci Atau Permainan Kelereng Sunda Jawa Barat

0 662

Permainan Tradisional Ngadu Kaleci Atau Permainan Kelereng Sunda Jawa Barat

Budaya merupakan suatu karakterisitik dan juga pengetahuan mengenai sekelompok orang tertentu yang meliputi bahasa, agama, masaka, kebiasaan sosial, musik dan kesenian. Budaya adalah perilaku sosial dan norma yang ditemukan di masyarakat manusia.

Budaya dianggap sebagai konsep sentral dalam antropologi, meliputi rentang fenomena yang ditransmisikan melalui pembelajaran sosial di masyarakat manusia. Sembilan puluh lima persen dari lebih 300 kelompok etnis di indonesia berasal dari keturunan asli indonesia.

Kelompok etnis di indonesia berasal dari sebagai berikut: jawa, yang merupakan hampir 42% dari total populasi  orang sunda, 31%; melayu, 3.7%; orang madura, 3,3%, dan lainnya, 26%. Orang jawa kebanyakan tinggal di pulau jawa, namun karena program transmigrasi pemerintah, jutaan orang telah bermigrasi ke pulau-pulau lain di seluruh nusantara.

Ada juga populasi etnis tionghoa, yang merupakan 1% dari total populasi. Orang india dan arab kebanyakan tinggal di daerah perkotaan. Kebiasaan sosial ini bisa ditandai atau diartikan sebagai suatu kebiasaan yang sering dilakukan oleh masyarakat.

Kebudayaan merupakan suatu kumpulan ide atau gagasan yang berisikan nilai dan norma yang bersifat abstrak karena bersumber dari pemikiran warga masyarakat. Atau suatu aktivitas yang saling berinteraksi satu sama lain.

Jawa barat merupakan suatu provinsi yang memiliki banyak sekali kebudayaan, termasuk kedalam permainan tradisional. Permainan tradisional merupakan suatu permaian yang merupakan simbol atau ciri khas suatu daerah.

Permainan tradisional ini sering dimainkan untuk hiburan, dan permainan tradisional ini bisa dijadikan sebagai prestasi. Ngadu kaleci merupakan sebuah permainan yang dimainkan oleh tim ataupun kelompok dan bisa secara tunggal. Permainan ini dilakukan dengan cara terstruktur.

Permainan ini merupakan permainan yang dilakukan oleh 2 (dua) orang ataupun bisa lebih. Permainan ini hanya membutuhkan kaleci atau kelereng untuk memainkannya. Jika suatu kelereng tersebut bisa keluar dari garis yang dibuat bulat tersebut maka kelereng yang keluar itulah dijadikan sebuah alat pembayaran bagi orang yang memenangkannya.

Source https://kaulinansunda.com/ https://kaulinansunda.com/category/ngadu-kaleci/
Comments
Loading...