Permainan Tradisional Lop-lop Kandang Ayam

0 96

Permainan Tradisional Lop-lop Kandang Ayam

Lop-Lop Kandang Ayam merupakan permainan yang sudah sangat lama. Permainan ini hampir tidak pernah terdengar lagi. Maksud lop-lop kandang ayam adalah ‘masuk ke dalam kandang ayam’. Pola permainannya hampir sama dengan permainan ular naga panjangnya bukan kepalang. Bedanya adalah pada nyanyian dan akhir permainan.

Pemain bisa berjumlah lima hingga sepuluh orang. Sebelum bermain, lakukan hompimpa untuk menentukan siapa yang akan menjadi kandang, induk ayam, dan anak ayam.

Kandang ayam terdiri dari dua orang. Kedua orang membuat kesepakatan mencari nama tertentu yang tidak boleh diketahui pemain lain. Bisa nama warna, buah, atau lainnya. Misalnya, nama warna. Salah satu kandang bernama “hijau”, dan kandang lain “kuning”.

Induk ayam berdiri di depan, anak-anak ayam berbaris di belakang saling memegang pundak atau pinggang pemain lain. Ayam-ayam ini mengitari kandang ayam sambil menyanyikan “Lop-lop kandang ayam, lop-lop kandang ayam”.

Setelah lagu selesai, si kandang ayam akan menangkap salah satu anak ayam. Terjadi dialog bertanya mau memilih kuning atau hijau. Anak ayam yang tertangkap akan dipisahkan sesuai pilihannya. Permainan dilanjutkan hingga anak ayam dan induknya habis tertangkap. Di akhir permainan akan terjadi tarik-menarik mencari siapa yang lebih kuat.

Tujuan permainan ini sama seperti permainan ular naga panjangnya bukan kepalang, yaitu sebagai hiburan dan kebersamaan.

Source https://gpswisataindonesia.inf https://gpswisataindonesia.info/2018/11/permainan-tradisional-lop-lop-kandang-ayam/
Comments
Loading...