Permainan Tradisional Layangan

0 255

Permainan Tradisional Layangan

Permainan yang juga tidak kalah populer nya di kalangan anak-anak yaitu permainan Layangan. Permainan ini bisa dimainkan baik tua, muda, laki-laki maupun perempuan. Hanya berbekal layangan kertas dan segulung benang kita sudah bisa memainkan permainan ini. Permainan ini banyak dilakukan pada saat hampir masuk musim kemarau. jadi ketika kondisi angin yang cukup kencang namun tidak kering. Pada waktu itu biasanya anak-anak dan orang dewasa yang melakukan permainan tersebut sampai larut sore hari, ketika senja mulai terbenam.
Bahan yang di gunakan untuk membuat Layangan yaitu :
-Benang yang digunakan bisa menggunakan benang biasa atau disebut “senar” dan ada pula yang menggunakan benang gelasan.
-Untuk benang gelasan, sifatnya tajam dan permukaannya kasar. Jadi benang ini sangat sering digunakan sebagai aduan.
-Agar lebih hemat, benang gelasan dipasang di layangan, kemudian baru disambung dengan Senar biasa.
-Ada cara-cara aneh untuk memenangkan permainan ini. Salah satunya adalah memasang obat nyamuk bakar dalam keadaan menyala atau silet di ujung layangan. Jadi apabila benang lawan terkena benda tersebut, dipastikan akan putus.

 

Manfaat permainan Layangan bagi tubuh yaitu :

1.Membuat Tubuh Aktif Bergerak

Bermain layang-layang bisa memberi efek yang sama seperti saat kita berolahraga. Bermain layang-layang seringkali diiringi dengan gerakan berjalan atau berlari yang membuat tubuh kita aktif bergerak.

 2.Baik untuk Kesehatan Mata

Permainan ini bisa meringankan kelelahan pada mata serta mencegah terjadinya miopi  atau rabun jauh.

3.Baik Untuk Kesehatan Leher

Dengan melihat ke atas saat bermain layang-layang, kita bisa mengurangi ketegangan pada otot leher, meningkatkan fleksibilitas ligamen serta sendi tulang belakang, sehingga bisa mencegah kondisi nyeri leher dan mengurangi ketegangan pada otot leher.

 

 

Source Permainan Tradisional Layangan kutu baca
Comments
Loading...