Permainan Tradisional Lalayangan Jawa Barat

0 185

Permainan Tradisional Lalayangan Jawa Barat

Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya tradisional dan permainan. Seni budaya dan permainan tradisional sangat beragam namun banyak yang terancam punah karena tidak ada yang bisa melestarikannya. Semakin lama, bangsa Indonesia banyak mengenal permainan hanya melalui dokumentasi tertulis.

Hal ini diperburuk dengan teknologi permainan digital saat ini yang mulai berkembang biak, dan perubahan sistem sosial dalam masyarakat yang lebih individualistis. Kebudayaan indonesia yang kaya dengan beragam permainan tradisional.

Permainan ini biasanya dimainkan selama waktu luang. Game tradisional sangat populer di kalangan orang-orang yang tinggal di daerah pedesaan. Itu telah dimainkan oleh nenek moyang kita sejak mereka masih muda.

Saat ini, sebagian besar permainan tradisional tidak dimainkan lagi oleh anak-anak karena mereka lebih tertarik bermain game komputer. Namun, beberapa anak yang tinggal di daerah pedesaan masih tertarik untuk bermain game tradisional.

Permainan tradisional yang paling populer dimainkan oleh anak-anak adalah congkak, gasing, gobag, lalayangan dan masih banyak lagi. Tidak ada keraguan bahwa permainan tradisional adalah salah satu warisan budaya yang tak ternilai harganya dan tidak bisa diganti karena melambangkan budaya, budaya, dan identitas satu bangsa kita.

Layang-layang merupakan permainan  yang sangat populer bagi anak-anak Indonesia. Provinsi di seluruh negeri memiliki desain yang beragam. Ada dua jenis layang-layang yang berbeda: yang pertama adalah yang hanya digunakan untuk terbang yang memiliki ekor yang melekat pada mereka untuk menyeimbangkan layang-layang.

Kedua digunakan untuk dijadikan sebagai pertarungan satu lawan satu, hobi favorit di antara selebaran layang-layang. Pertarungan layang-layang tidak memiliki ekor yang menempel pada mereka. Mereka terbuat dari bambu ringan dan kertas wax.

Seringkali senar yang melekat pada layang-layang ini dilapisi dengan kaca hancur. Tali itu dicelupkan ke dalam larutan kaca hancur, yang telah direbus dengan campura, bahan kimia dan pewarna. Campuran bertindak sebagai pengikutnya sehingga partikel kecil kaca menempel pada tali. Tali itu digantung di rak kecil agar kering. Proses ini membuat string sangat tajam dan mampu memotong string lawan.

String dilapisi kaca siap pakai juga bisa dibeli dengan berbagai ketebalan. Kebanyakan selebaran layang-layang memilih untuk membeli string siap pakai karena merupakan proses yang panjang dan berantakan untuk mempersiapkannya sendiri. Pilihan ketebalan tali akan tergantung pada ukuran layang-layang, dan pertimbangan yang lebih besar, anggaran pembeli. Jika pemiliknya tidak hati-hati senar ini juga bisa memotong jari-jarinya juga!.

Objek permainannya adalah mencoba dan memotong layang-layang lawan. Cara tali itu melekat pada layang-layang menentukan kontrol yang dimiliki flyer di atas layang-layangnya. Jika kedua senar memegangi jarak jauh dengan bingkai layang-layang, ini akan membuatnya lebih berat untuk dipegang saat terbang. Namun, ini memberi kebebasan atau terbang yang tidak terstruktur layang-layang lebih besar kendali atas pergerakan layang-layang.

Jika kedua senar memegang erat-erat disatukan ke bingkai layang-layang, ini membuat layang-layang jauh lebih ringan untuk dipegang namun banyak sekali pengorbanan untuk mengendalikan sebuah layang-layang. Layang-layang ini cenderung lebih liar dalam penerbangan.

Selebaran layang-layang yang berpengalaman tahu bahwa senar ejaan tidak semudah dipotong sebagai tali kendur, jadi terserah keahlian pamflet layang-layang untuk menggunakan teknik menarik dan melepaskan senar untuk dicoba dan hindari agar layang-layangnya terlepas. Jika layang-layang dipotong bebas oleh lawan, pemenangnya adalah yang masih memegang layang-layang. Layang-layang yang longgar sering menjadi penyebab layang-layang tersebut akan mengakibatkan putus. Anak yang pertama sampai dan mendapatkan layang-layang yang longgar pertama kali dianggap sebagai pemilik baru layang-layang.

Layang-layang merupakan permainan umum yang dimainkan oleh orang-orang dari seluruh dunia. Di indonesia, game ini disebut layangan. Layangan usuaaclly dimainkan oleh anak-anak dari daerah pedesaan dimana masih banyak lahan terbuka.

Bentuk layangan bisa bervariasi dari yang sederhana sampai yang lebih rumit. Game ini juga dimainkan dalam kompetisi juga. Tujuan game ini adalah menerbangkan layang-layang setinggi mungkin. Terkadang anda perlu melawan layangan orang lain dalam game ini.

Pertama, permainan tradisional bisa membantu anak belajar mengenal emosi mereka, meski secara tidak langsung. Dengan bermain game tradisional, anak juga belajar berkomunikasi dengan baik dengan pemain lain.

Mereka menunjukkan empati kepada pemain yang kalah, bersikap tegas terhadap mereka yang membengkokkan peraturan, dan mengendalikan emosinya saat orang lain menjadi gaduh. Anak-anak suka terhubung dengan orang tua mereka.

Mereka perlu merasa aman, harus ditegaskan, untuk didengarkan. Mereka ingin pelukan sering, kata-kata yang menenangkan, dan bahkan balita yang tinggi. Jika diberi pilihan, kebanyakan anak akan lebih menyukai sentuhan hangat dan tulus serta suara penyembuhan yang penuh perhatian dari sebuah game online.

Source https://kaulinansunda.com/ https://kaulinansunda.com/lalayangan-atau-dikenal-dengan-sebutan-layang-layang-permainan-yang-sangat-menangtang-dan-menyenangkan/
Comments
Loading...